RS Bunda Group

Berita & Artikel

Kenali Test Mantoux untuk Anak

kenali-tes-mantoux-untuk-anak-rs-bunda-group

Tes Mantoux atau tuberculin skin test (TST) adalah pemeriksaan yang dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya paparan kuman TB pada tubuh. Tes Mantoux merupakan metode pemeriksaan awal yang umum dilakukan untuk skrining atau deteksi awal penyakit TBC pada populasi tertentu.Pemeriksaan ini dilakukan dengan menyuntikkan cairan tuberkulin yang nantinya akan menimbulkan reaksi sebagai indikator ada tidaknya. Anda dapat mereservasikan kunjungan di klinik anak untuk tes Mantoux anak.

Baca Juga: Konsultasi Kesehatan Anak ke Poli Anak

Tuberculosis (TB) adalah penyakit paru yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis dan bersifat menular. Penyakit TB tidak hanya menyerang orang dewasa, namun juga dapat menyerang anak-anak. Penularan penyakit TB dapat melalui udara, misalnya saat penderita TB batuk sehingga bakteri menyebar ke udara.

Penyakit tuberkulosis (TB) adalah jenis penyakit paru yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penularan penyakit TB dapat terjadi melalui udara, umunya terjadi saat penderita TB batuk tanpa menutup mulut. Percikan air liur (droplet) dari batuk tersebut mengandung bakteri yang kemudian terhirup oleh orang di sekitar dan menularkan penyakit.

Prosedur Tes Mantoux

Tes Mantoux pada anak dilakukan dengan menyuntikkan sejumlah cairan, yaitu PPD tuberculin ke kulit lengan. Suntuikkan ini akan menimbulkan benjolan yang menjadi indikator tes.

Baca Juga: Klinik Anak untuk Tumbuh Kembang Buah Hati

Dokter akan memberi tanda batas awal di sekeliling benjolan tersebut menggunakan spidol agar dapat diketahui apabila nanti terdapat perubahan ukuran benjolan. Setelah 48-72 jam sejak tes Mantoux dilakukan, dokter akan memeriksa kembali benjolan yang terbentuk untuk melihat adanya perubahan.

Jika tidak muncul pembesaran pada benjolan, dapat disimpulkan bahwa hasil tes Mantoux negatif yang berarti pasien tidak terpapar kuman TB. 

Pada pasien dengan hasil tes yang menunjukkan penambahan ukuran benjolan, biasanya sebesar 5-9 mm dan terlihat adanya peradangan, ini berarti tes Mantoux dikatakan positif dan berarti pasien sedang atau sudah pernah terpapar kuman TB. Hasil tes ini memerlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan apakah terdapat infeksi TB.

Pemeriksaan lebih lanjut diantaranya rontgen thorax dan pemeriksaan fisik lain yang mendukung diagnosa TB Paru pada anak. Anda juga dapat reservasi pemeriksaan dengan dokter ahli di rumah sakit RS Bunda Group.

Faktor yang Dapat Mempengaruhi Hasil Tes

Dalam kasus tertentu, hasil tes Mantoux tidak begitu akurat karena adanya hasil tes palsu. Pada hasil tes palsu, hasil tes akan terlihat negatif, padahal sebenarnya pasien telah terinfeksi kuman TB.

Untuk menghidari kepalsuan hasil tes Mantaux, Anda perlu mengetahui sejumlah faktor yang dapat mempengaruhi kondisi pasien, seperti:

  • Ketidakmampuan tubuh untuk bereaksi terhadap uji kulit karena daya tahan tubuh yang lemah.
  • Infeksi TB baru terjadi, yakni antara 8-10 bulan
  • Infeksi kuman TB terjadi sudah lama (bertahun-tahun)
  • Baru melakukan vaksin yang mengandung virus hidup, seperti vaksi campak atau cacar.
  • Menderita penyakit yang disebabkan oleh virus, seperti campak atau cacar air.
  • Menderita penyakit yang menurunkan daya tahan tubuh, seperti kanker atau AIDS.
  • Teknik penyuntikan yang salah
  • Salah mengartikan reaksi yang muncul

Sementara itu, pada hasil tes positif palsu, tes Mantoux akan menunjukkan hasil yang positif, padahal pasien sesungguhnya tidak terpapar kuman TB. Kekeliruan hasil tes ini bisa disebabkan beberapa hal, seperti:

  • Terindentifikasi adanya bakteri Mycobacterium, tapi bukan jenis tuberculosis
  • Baru melakukan imunisasi BCG (Bacillus Calmette–Guérin)
  • Teknik penyuntikan yang salah
  • Penggunaan botol antigen yang salah
  • Salah mengartikan reaksi yang muncul

Meski tes Mantoux bisa menjadi tolak ukur adanya kuman TB dalam tubuh, kerap kali terdapat kekeliruan pada hasi tes ini. Maka dari itu untuk hasil yang lebih akurat, dokter biasanya akan merekomendasikan pemeriksaan lanjutan, seperti foto Rontgen dada dan pemeriksaan dahak, guna memastikan ada atau tidaknya infeksi TB dalam tubuh.

Baca Juga: Waspada! Cek Kesehatan Anak di Klinik Alergi Anak

Kapan Tes Harus Dilakukan?

Pemeriksaan pada anak dilakukan apabila muncul gejala sebagai berikut:

  • Mengalami demam lebih dari 2 minggu dan berulang-ulang meskipun tidak tinggi
  • Penurunan nafsu makan
  • Berat badan tidak naik dalam 2 bulan berturut-turut
  • Wajah anak tampak lesu dan tidak aktif
  • Terdapat benjolan pada leher yang bisa teraba
  • Kontak langsung dengan penderita TB
  • Batuk lebih 3 minggu yang sudah diobati belum ada perbaikan

Baca Juga: Waspada! Vitamin Anak Belum Tentu Baik bagi Kesehatan

Persiapan Sebelum Tes Mantoux

Hasill tes Mantoux hanya dapat menunjukkan apakah Anda memiliki bakteri tuberkulosis di dalam tubuh Anda atau tidak, namun tidak selalu untuk mengetahui apakan bakteri tersebut bersifat laten (tidak aktif menginfeksi atau memperbanyak diri) atau aktif.

Untuk mendapatkan hasil yang pasti, Anda akan direkmendasikan untuk menjalani beberapa tes tambahan. Jenis tes lanjutan yang dilakukan tergantung dari bagaimana hasil tes dan kondisi kesehatan Anda, seperti mengalami gangguan kesehatan yang dicurigai sebagai gejala TBC.

Anda juga wajib untuk menginformasikan ahli atau dokter jika Anda sudah pernah mendapatkan vaksinasi TBC atau vaksin BCG. Anda masih boleh menjalani tes Mantoux ini setelah vaksinasi, terlebih jika Anda memiliki faktor-faktor risiko terkena TBC, namun pastikan Anda tidak melakukan vaksinas BCG dan tes Mantoux dalam waktu yang berdekatan.

Jarak waktu antara vaksinasi dan tes kulit yang terlalu berdekatan berpotensi mengakibatkan hasil tes tidak akurat. Ada baiknya Anda memberi jeda sekitar 1 bulan antara waktu vaksinasi dan tes kulit.

Hal yang sama juga berlaku jika Anda pernah menerima vaksinasi untuk penyakit yang disebabkan oleh virus, misalnya vaksin cacar. Anda setidaknya perlu menunggu selama 4-6 minggu sebelum menjalani tes Mantoux.

Baca Juga: 10 Gejala Penyakit Jantung Bawaan Pada Anak, Bunda Wajib Tahu

Kesehatan anak merupakan salah aspek terpenting dalam kehidupan anak dan keluarga. Reservasikan kunjungan Anda dengan dokter pediatri pilihan dari jadwal dokter kami. Kami juga menyediakan laman informasi di mana Anda juga dapat menemukan layanan kesehatan lainnya.

Bagikan Artikel Ini: