RS Bunda Group

Berita & Artikel

Mengenal Manfaat Fisioterapi di RSU Bunda Padang

  • Beranda
  • Mengenal Manfaat Fisioterapi di RSU Bunda Padang
manfaat-fisioterapi-rs-bunda-group

Bagi orang yang mengalami cedera atau penyakit tertentu, manfaat fisioterapi sangat dirasakan untuk menghindari cacat fisik. Oleh sebab itu, terapi ini sangat disarankan untuk mereka yang berada di masa pemulihan.

Baca Juga: Pain Management: Atasi Nyeri Tanpa Operasi

Fisioterapi umumnya dilakukan untuk orang-orang yang mengalami cedera akibat berbagai macam hal, salah satunya karena kecelakaan. Bisa juga dilakukan pada penyintas penyakit tertentu yang sedang berada di masa pemulihan, misalnya stroke.

Terapi ini dilakukan dengan mengutamakan pendekatan personal kepada pasien, baik terapi fisik maupun edukasi. Bisa juga disertai dengan pemberian obat-obatan tertentu. Mari mengenal lebih dalam mengenai fisioterapi.

Manfaat Fisioterapi

Tujuan utama dari melakukan fisioterapi adalah mengembalikan fungsi dan gerakan tubuh yang mengalami perubahan akibat cedera maupun terserang penyakit. Terapi ini dapat memberikan banyak dampak positif, yaitu:

  1. Meredakan nyeri yang dialami pada bagian tubuh tertentu tergantung dari cedera atau gangguan fungsi tubuh masing-masing pasien.
  2. Membantu pemulihan cedera akibat kecelakaan maupun olahraga sehingga pasien bisa segera beraktivitas seperti sedia kala.
  3. Manfaat fisioterapi lainnya adalah mencegah adanya kecacatan dan menghindarkan pasien dari melakukan operasi.
  4. Rehabilitasi untuk pasien setelah operasi, stroke, atau kecelakaan.
  5. Membantu mengelola berbagai penyakit kronis, seperti diabetes, jantung, atau jenis penyakit lainnya.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Terapi Okupasi di Bunda Neuro Center

Manfaat fisioterapi bisa dirasakan langsung oleh pasien pada sesi pertama atau tidak tergantung dari kondisinya. Terapi ini terutama disarankan kepada pasien-pasien yang sedang berada di masa penyembuhan dan dilakukan oleh tenaga ahli serta profesional.

Prosedur Layanan

Pada dasarnya terapi fisik ini akan disesuaikan dengan masing-masing pasien. Sebab kebutuhan masing-masing pasien akan berbeda tergantung dari penyakit maupun cedera juga perilaku dan kebiasaannya.

Prosedur yang harus dilewati oleh pasien pertama-tama melakukan registrasi untuk mendapatkan jadwal konsultasi. Anda bisa langsung mendatangi RSU Bunda Padang untuk melakukan pendaftaran.

Setelah registrasi, maka akan dilakukan konsultasi mengenai jenis terapi yang dijalani. Dengan demikian, manfaat fisioterapi bisa dirasakan maksimal karena sesuai dengan keluhan dan layanan diberikan.

Persiapan

Sebelum Anda melakukan terapi fisik, prosedur akan diawali dengan pemeriksaan dan penilaian kondisi pasien. Hal ini penting dilakukan untuk menentukan program yang akan dijalankan.

Pasien sebaiknya melakukan diskusi mengenai tujuan, manfaat fisioterapi, risiko, serta hasil dari terapi tersebut. Ketahui sedetail mungkin agar bisa menjalani masa-masa pemulihan sebaik mungkin, terutama untuk menguatkan niat dan tekad sehat kembali.

Sebelum melakukan prosedur gunakan pakaian longgar dengan lengan pendek maupun tanpa lengan apabila permasalahan terdapat pada bagian tubuh atas, seperti leher atau bahu.

Apabila permasalahan Anda di bagian pinggul, lutut, atau pergelangan kaki, maka sebaiknya gunakan celana pendek. Dengan begini, dokter akan mudah untuk melakukan pemeriksaan pada bagian yang bermasalah.

Pelaksanaan

Untuk mendapatkan manfaat fisioterapi, Anda harus mengikuti sesi terapinya sesuai dengan anjuran dokter. Umumnya, terapi dilakukan sebanyak 3-4 kali per minggu dengan sesi 30-60 menit per sesi. Sekali terapi bisa dilakukan beberapa sesi tergantung dari pasiennya.

Dalam fisioterapi terdapat 3 pendekatan utama, yaitu:

1. Terapi manual

Yaitu pelaksanaan terapi yang menggunakan tangan dari fisioterapis, bisa dengan pijatan, pemberian sensasi relaksasi, atau bantuan untuk memanipulasi jaringan tubuh.

Manfaatnya untuk meningkatkan kemampuan rentang gerak tubuh, melancarkan aliran darah, memberikan relaksasi, dan mengatasi nyeri. Biasanya dilakukan pada awal-awal sesi fisioterapi.

2. Latihan dan pergerakan

Dilanjutkan dengan penggunaan alat bantu untuk latihan dan pergerakan. Ada berbagai alat bantu yang bisa digunakan tergantung dari masalah setiap pasien, misalnya penggunaan tongkat, hidroterapi, dan lain sebagainya.

3. Edukasi dan saran

Langkah terakhir adalah pemberian edukasi serta saran kepada pasien, bisa berupa bagaimana mengatur gaya hidup sehat dan berbagai saran mengenai aktivitas. Gunanya untuk mengurangi risiko cedera atau nyeri.

Pasca Layanan

Setelah menyelesaikan sesi-sesi latihan, Anda akan mendapatkan manfaat fisioterapi. Apabila dirasa cukup, maka terapi akan dihentikan dan dilanjutkan dengan layanan konsultasi pasca fisioterapi.

Layanan ini bermanfaat untuk melihat perkembangan pasca fisioterapi dilaksanakan juga mengevaluasi program pada pasien tersebut. Pemantauan pasca terapi akan membantu mencegah cedera kembali kambuh serta komplikasi dari kegiatan sebelumnya.

Fisioterapi RSU Bunda Padang

Bagi Anda yang memerlukan layanan fisioterapi, baik untuk membantu penyembuhan pasca operasi atau bedah. Bisa mendatangi RSU Bunda Padang dan mendaftarkan diri untuk konsultasi awal.

Baca Juga: Nyeri Saraf? Obati Segera di Bunda Pain Clinic RSU Bunda Margonda

Selain bagi pasien pasca operasi, manfaat fisioterapi dari RSU Bunda Padang juga bisa dirasakan oleh anak-anak yang sedang dalam masa perkembangan. Karena juga terdapat layanan terapi mengatasi gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak.

Anda hanya perlu melakukan konsultasi awal dengan dokter profesional, kemudian melakukan pemeriksaan awal. Selanjutnya, akan dibuatkan jadwal latihan dengan sesi disesuaikan kondisi masing-masing.

Layanan pasca fisioterapi juga diberikan sehingga Anda bisa melakukan konsultasi mengenai perkembangan pemulihan. Selain itu, juga diberikan berbagai edukasi dan bantuan saran apabila diperlukan. Ditambah pemantauan dari tim medis agar pemulihan maksimal.

Baca Juga: Jangan Disepelekan, Ini Dampak Cedera Saraf Tulang Belakang dan Pengobatannya

Meski terlihat seperti layanan pijat, fisioterapi memiliki manfaat medis yang lebih mendalam. Reservasikan penanganan untuk keluhan saraf terjepit dan masalah pergerakkan ringan lainnya ke Bunda Pain Center, atau konsultasikan masalah Anda dengan ahli yang tersedia di jadwal dokter kami. Laman informasi kami juga menawarkan layanan kesehatan lainnya.

Bagikan Artikel Ini: