RS Bunda Group

RS Bunda Group

Berita & Artikel

  • Beranda
  • Nyeri Saraf? Obati Segera di Bunda Pain Clinic RSU Bunda Margonda

Nyeri Saraf? Obati Segera di Bunda Pain Clinic RSU Bunda Margonda

nyeri-saraf-obati-segera-di-bunda-pain-clinic-rsu-bunda-margonda-rs-bunda-group

Sistem saraf adalah bagian terpenting bagi manusia, karena saraf merupakan penghubung informasi antara indera dengan sistem koordinasi pusat, yaitu otak. Manusia bisa melihat dengan jelas, merasakan berbagai masakan, serta merasakan sentuhan adalah karena sistemnya. Belum banyak yang menyadari bahwa nyeri saraf adalah salah satu kondisi kronis, artinya berlangsung dalam jangka panjang. Sakit saraf sendiri merupakan kondisi gangguan terhadap sistemnya serta bisa berlangsung dalam jangka waktu lama serta berkembang seiring waktu.

Baca Juga: Fungsi Klinik Laktasi Bagi Kesehatan Bunda

Saraf berperan penting dalam menjaga kelangsungan kerja organ-organ tubuh dengan baik, seperti sistem pernafasan, peredaran darah dan jantung, serta masih banyak lagi. Kerusakan pada sistemnya bisa menyebabkan penderitanya mengalami gangguan pada kegiatan keseharian. Saat Anda merasakan nyeri saraf, ada baiknya untuk segera periksakan diri Anda ke Klinik Nyeri seperti Bunda Pain Clinic. Anda dapat mereservasikan kunjungan Anda ke Bunda Pain Clinic di RSU Bunda Margonda.

Penyebab Nyeri Saraf yang Harus Diperhatikan

Nyeri terjadi karena beberapa hal berkaitan dengan fungsi sistem sarafnya. Biasanya apabila terjadi sebuah kerusakan akan berpengaruh pada sarafnya sehingga mulai terasa nyeri. Sistem saraf terbagi menjadi dua, yaitu sistem pusat yang berfungsi untuk mengontrol dan pusat pengendali berbagai kondisi tubuh, dan sistem perifer, berkaitan langsung dengan organ, otot, kulit, serta panca indera, fungsinya menangkap dan meneruskan rangsang.

Nyeri saraf mulai terjadi karena salah satu fungsi dari saraf pusat maupun perifer mengalami gangguan, tetapi penyebab paling umum terjadi adalah apabila perifernya mengalami masalah maka nyeri neuropati akan terjadi. Banyak penyebab lain, kerusakan sumsum tulang belakang salah satunya. Masih ada banyak lagi sebab terjadinya nyeri neuropatik, beberapa diantaranya disebabkan oleh infeksi virus, seperti Neuralgia Trigeminal, Sirap, dan HIV. Adanya zat toxic dalam tubuh juga bisa menjadi salah satu penyebab munculnya masalah tersebut.

Penyebab lainnya seperti terdapat luka pada bagian belakang tubuh, komplikasi stroke, penyakit jaringan ikat, serta penyakit saraf motorik juga memiliki peranan besar pada munculnya nyeri neuropati. Kerusakan atau benturan keras juga bisa menyebabkan terjadinya hal itu. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penyebab pastinya, Anda perlu melakukan pemeriksaan secara menyeluruh menggunakan teknologi terbaru. Teknologi tersebut sudah tersedia di RSU Bunda Margonda dan RSU Bunda Jakarta, karenanya segera konsultasikan bila menemui gejala.

Gejala Nyeri Saraf yang Belum Banyak Disadari oleh Orang – orang

Meskipun nyeri saraf tetapi tidak setiap gejalanya berhubungan dengan perasaan tersebut, bahkan beberapa kasus tanpa ada rasanya, tetapi dibandingkan orang normal, mereka memiliki kepekaan luar biasa ketika berhadapan dengan suatu stimulus.

1. Allodynia

Allodynia adalah sensasi rasa sakit tidak biasa pada kulit karena kontak sederhana yang biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Pada orang biasa, sentuhan seperti kulit menyentuh benda yang ada di sekitar atau ketika orang lain mengusapnya, namun pada penderita allodynia, kontak ini menyebabkan sakit luar biasa.

2. Hyperpathia

Kondisi ini menimbulkan periode ketidaknyamanan yang singkat pada penderita yang membuat penderita merasakan rasa nyeri yang hebat dalam waktu singkat.

3. Hiperalgesia

Penderita kondisi ini akan menerima rasa tidak nyaman ringan sebagai nyeri hebat yang tidak tertahankan akibat kesalahan translasi pada saraf.

4. Paraesthesia

Penyakit ini menyebabkan ketidaknyamanan atau nyeri pada penderita bahkan ketika tidak ada rangsangan fisik pencetus secara langsung.

Selain 4 gejala tadi bisa juga diidentifikasi dari jenis kerusakannya. Apabila pada sistem pusat biasanya ditandai dengan beberapa hal, seperti rasa terbakar, seperti ditusuk jarum, serta kesemutan atau mati rasa.

Berbeda jika terjadi pada sistem periferal. Pada organ otonom contoh paling sederhana tidak bisa mengendalikan fungsinya, seperti berkeringat berlebihan. Sedangkan pada bagian sensorik, nyerinya terasa, kesemutan, mati rasa, hingga kesadaran mulai melemah.

Pengobatan Nyeri Saraf di Bunda Pain Clinic

Bunda Pain Clinic yang memiliki fasilitas medis, tenaga medis, serta metode yang lebih unggul dalam menangani nyeri atau rasa sakit. Klinik nyeri ini terletak di RSU Bunda Margonda memberikan pelayanan serta perawatan pada pasien yang mengalami berbagai masalah, dari nyeri kronik hingga rasa nyeri yang tidak kunjung hilang.

Pengobatan Bunda Pain Clinic tidak menggunakan sistem pembedahan atau operasi, tetapi menggunakan teknik pengobatan modern yang lebih aman serta efektif mengatasi berbagai permasalahan pasien. Untuk mengatasi berbagai masalah pasien, Bunda Pain Clinic juga memiliki beberapa fasilitas penunjang, mulai dari perlengkapan medis canggih, terbaru, serta sistem terintegrasi terpadu. Begitu juga dengan tenaga medisnya, memiliki dokter handal dan terspesialisasi di bidangnya.

Baca Juga: Klinik Anak untuk Tumbuh Kembang Buah Hati

Nyeri saraf membuat tubuh sangat tidak nyaman, bahkan apabila dibiarkan saja bisa mengganggu berbagai aktivitas di kehidupan sehari-hari. Jika Anda ingin memeriksakan keluhan nyeri saraf Anda, sebaiknya lakukan di unit medis yang tepat seperti Bunda Pain Clinic. Anda juga dapat mengajukan reservasi untuk keluhan penyakit lain di unit-unit RS Bunda Group sekitar Anda. Jika Anda memiliki kegiatan yang padat, Anda dapat menyesuaikan waktu pemeriksaan dengan jadwal dokter untuk menemukan weaktu yang tepat. Anda juga akan menemukan tawaran layanan kesehatan lainnya di laman informasi kami.

Bagikan Artikel Ini: