RS Bunda Group

Berita & Artikel

11 Ciri Omicron Saat Menyerang Tubuh Anda

  • Beranda
  • 11 Ciri Omicron Saat Menyerang Tubuh Anda
ciri-omicron-menyerang-tubuh-rs-bunda-group

Ketahui ciri varian omicron secara tepat untuk mendeteksi dini apabila diri sendiri maupun orang terdekat terjangkit virus berbahaya ini. Saat ini varian baru covid-19 tersebut sudah ada di Indonesia, seiring dengan munculnya sistem pemeriksaan SGTF oleh tenaga medis.

Baca Juga: Ayo! Vaksinasi demi Imunitas Bersama! 

Banyak hal kembali terhambat semenjak diketahuinya varian omicron muncul di Indonesia. PPKM Jakarta. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengenali ciri omicron sejak dini. Reservasikan konsultasi Anda bersama ahli dan dokter RS Bunda Group untuk informasi yang lengkap dan komprehensif.

Ciri Varian Omicron Saat Menyerang Tubuh Anda

Terdapat beberapa tanda bahaya ketika omicron menyerang tubuh. Para penderita varian virus ini biasanya akan mengalami berbagai gejala ringan hingga berat, seperti beberapa kondisi berikut:

1.    Sakit Kepala

Sakit kepala bukan merupakan gejala populer, akan tetapi orang yang terdampak coronavirus akan lebih dulu merasakan sakit kepala sebelum demam dan batuk. Tanda bahaya sakit kepala ketika terasa berdenyut, menusuk, dan juga menekan di kedua sisi sekaligus.

2.    Pilek atau Hidung Meler

Kondisi ini sebenarnya rancu karena seseorang bisa saja terkena flu setelah terkena debu atau menghadapi udara dingin. Pada kasus covid, orang yang pilek akan disertai dengan kesulitan mencium bau disebabkan munculnya gejala anosmia.

3.    Demam

Salah satu ciri omicron berikutnya adalah disertai dengan demam. Ini pentingnya berbagai tempat umum sekarang menerapkan protokol pemeriksaan suhu karena memang demam menjadi salah satu gejala corona. Demam yang dimaksud ketika suhu tubuh di atas 38oC.

4.    Bersin

Bersin sekali dua kali bukan merupakan hal aneh, namun ketika frekuensi bersin tidak dapat terkontrol maka bisa jadi hal tersebut merupakan sebuah tanda diri terserang infeksi corona. Untuk memastikan diagnosa, perlu diperhatikan juga apakah ada gejala lainnya atau tidak.

5.    Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan yang menandakan adanya gejala omicron cenderung lebih ringan dibandingkan radang tenggorokan. Biasanya sakit tenggorokan yang menjadi ciri omicron hanya berlangsung selama 5 hari dan jika lebih amat dianjurkan konsultasi ke dokter.

6.    Kehilangan Indra Penciuman

Gejala ehilangan indra penciuman atau anosmia merupakan gejala paling diakui ketika covid menyerang tubuh. Kehilangan indra penciuman dari hidung juga beriringan dengan hilangnya kepekaan indra pengecap atau lidah dalam mengecap rasa makanan.

7.    Batuk Kering

Batuk kering yang terjadi terus-menerus selama kurun waktu 4 hingga 5 hari. Kondisi yang patut diwaspadai ketika seseorang terserang batuk adalah mengetahui ada tidaknya lendir.

Baca Juga: RS Bunda Group Kini Hadirkan Pendaftaran Vaksinasi Covid 19 Anak

Berdasarkan penelitian, ternyata orang yang terkena covid ini lebih rentan terpapar batuk kering dibandingkan jenis batuk berdahak. Salah satu ciri omicron ini telah maksimal dilakukan upaya pencegahannya dengan menggunakan masker medis dengan tepat.

8.    Mengalami Kelelahan

Kelelahan merupakan gejala biasa yang bisa menyerang siapa saja, termasuk bukan pasien terdampak covid. Anda dapat membedakan antara gejala covid atau bukan dilihat dari frekuensi waktunya.

Biasanya, kelelahan karena covid terjadi secara tiba-tiba dan kondisinya terus memburuk meskipun telah istirahat dengan cukup. Ketika sudah memasuki gejala ini maka sebaiknya segera menghubungi fasilitas kesehatan terdekat.

9.    Mual dan Muntah

Kondisi mual serta muntah pada seseorang terjadi salah satunya akibat terlalu banyak lendir masuk ke dalam tubuh serta menginfeksi organ area perut. Karena meskipun gejala corona itu kebanyakan batuk kering, namun tidak menutup kemungkinan adanya gejala batuk berdahak.

10.  Sulit Bernapas

Corona merupakan virus yang menyerang saluran pernapasan, oleh sebab itu penderitanya akan merasakan kesulitan bernapas atau sesak. Ini kenapa orang-orang dengan komorbid paru-paru akan memiliki potensi terkena penyakit corona jauh lebih rentan.

Jika dihitung dalam persentase maka dari semua gejala, sesak napas menempati sebanyak 16% kemungkinan menjangkit pasien corona. Pada kondisi parah, orang yang kesulitan bernapas akan dibantu dengan selang oksigen bahkan ventilator.

11.    Diare

Diare atau terlalu sering buang air besar menempati persentase sebesar 11% dan tidak selalu menjangkit para pasien positif. Namun, jika mengalami kondisi seperti ini dan dirasa tidak normal maka segera konsultasikan kondisi kesehatan ke dokter terdekat.

Lama Waktu yang Dibutuhkan Hingga Gejala Muncul

Berdasarkan kesebelas ciri omicron tersebut, deteksi tubuh terinfeksi omicron jauh lebih singkat dibandingkan varian delta dan varian-varian sebelumnya. Jika untuk varian lain membutuhkan waktu 4-5 hari, untuk omicron ini 3 hari masa inkubasi saja sudah diketahui.

Sebenarnya kalau dari segi gejala, varian omicron ini cenderung memberikan gejala lebih ringan dari delta. Masa inkubasi virus yang lebih singkat juga bisa segera membuat pasien mendapatkan penanganan tepat dari rumah sakit setempat.

Namun, bukan berarti penderitanya bisa lalai dan abai terhadap proses penyembuhan total. Karena dari semua langkah pengobatan, yang paling penting adalah ketika tubuh memasuki masa pemulihan setelah mengalami berbagai ciri omicron secara konsisten sepanjang hidup.

Baca Juga: Vaksin Covid, Membawa Harapan Atasi Virus

Untuk mendapat kepastian yang tepat, reservasikan pemeriksaan Anda ke unit-unit RS Bunda Group. Anda juga dapat menyesuaikan waktu kunjungan dengan jadwal dokter pilihan Anda. Kunjungi juga laman informasi untuk layanan kesehatan lebih lanjut.

Bagikan Artikel Ini: