RS Bunda Group

Berita & Artikel

Mengenal Robotic Surgery, Operasi Berbasis Teknologi di RSU Bunda Jakarta

  • Beranda
  • Mengenal Robotic Surgery, Operasi Berbasis Teknologi di RSU Bunda Jakarta
robotic-surgery-rsu-bunda-jakarta-rs-bunda-group

Teknologi dunia medis terus berkembang untuk memberikan fasilitas kesehatan, salah satunya adalah Robotic Surgery. Teknologi ini memberikan bantuan besar untuk kinerja dokter dan tenaga medis lainnya dengan meminimalisir kesalahan yang mungkin saja terjadi dalam prosedur medis. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai prosedur bedah robotik ini.

Baca Juga: Operasi Robotic Prostatectomy Pertama di Indonesia, Ada di RSU Bunda Jakarta

Apa Itu Robotic Surgery?

Robotic surgery adalah prosedur operasi yang menggunakan sistem robot untuk membantu proses pembedahan. Sistem robot tersebut tetap bekerja di bawah kendali dokter sehingga peran utama dalam prosedur ini tetaplah dokter ahli yang terlatih.

Dokter atau ahli bedah akan mengontrol pergerakan lengan robot serta ujung efektor. Selain itu, dokter juga dapat menggunakan telemanipulator sebagai inputnya. Jadi, proses pembedahan bisa dilakukan dengan lebih cepat dan akurat.

Penggunaan robotic surgery telah memberikan banyak keuntungan untuk ahli bedah. Kasus operasi terbuka sekarang digantikan dengan operasi minimal invasif menggunakan instrumen robotik. Untuk memperluas lapang operasi bisa dilakukan lebih presisi jika menggunakan robotik dengan umpan balik dari tangan operator, sehingga pembedahan menjadi lebih lancar dan mendetail bila dibandingkan operasi konvensional.

Kondisi yang Dapat Ditangani dengan Robotic Surgery

Ada beberapa kondisi medis yang bisa ditangani dengan teknologi tersebut. Tentunya, dokter juga memiliki penilaian tersendiri terkait kondisi yang memang mengharuskan penggunaan teknologi tersebut. Berikut adalah jenis-jenis penanganan yang dapat dilakukan dengan penggunaan robotic surgery.

1.      Mioma Uteri

Kondisi ini merupakan sebuah kondisi di mana ada pertumbuhan massa dinding rahim atau luar rahim bila bersifat ganas. Mioma ini sendiri berasal dari sel otot polos dalam rahim. Umumnya, mioma tersebut berada pada dinding rahim yang bentuknya menonjol ke arah rongga permukaan rahim. Banyak studi menyebutkan bahwa mioma bisa tidak bergejala, terutama untuk wanita usia 35 tahun.

Mioma uteri bisa disebabkan oleh banyak faktor. Riwayat keluarga yang mengidap gangguan ini adalah salah satu faktor paling umum. Robotic surgery merupakan salah satu prosedur medis pilihan untuk penanganan kasus Mioma.

2.      Kista Ovarium

Penyakit ini adalah gangguan dimana terdapat kantong berisi cairan yang muncul pada ovarium. Kista tersebut biasanya muncul pada masa subur, tapi juga bisa muncul saat sedang datang bulan. Gejala kista ovarium biasanya tidak terdeteksi karena bisa hilang bahkan tanpa pengobatan. Namun, kista akan menjadi masalah jika tidak kunjung menghilang karena ukuran kista yang terus membesar.

Baca Juga: 7 Kondisi Pada Wanita yang Harus Mengalami Histerektomi Total

3.      Histerektomi

Robotic Surgery juga dibutuhkan dalam tindakan medis histerektomi atau prosedur pembedahan untuk mengangkat rahim. Biasanya, operasi tersebut dilakukan untuk masalah dalam rahim dan sistem reproduksi wanita dimana kondisinya tidak dapat membaik dengan pengobatan atau operasi biasa. Perlu diketahui bahwa histerektomi memiliki hanya dilakukan untuk kondisi medis tertentu, seperti menorrhagia, endometriosis, fibroid rahim, nyeri panggul kronis, hingga kanker. Jadi, penggunaan robotic surgery juga perlu mempertimbangkan kondisi pasien secara menyeluruh.

Ada beberapa jenis histerektomi yang bisa dilakukan oleh tim medis, yakni histerektomi radikal, total, subtotal, dan bilateral. Jenis histerektomi yang dilakukan sepenuhnya bergantung pada kondisi medis pasien dan hasil pemeriksaan dokter spesialis.

4.      Kanker Prostat

Organ reproduksi menjadi bagian tubuh yang vital. Jika tidak dijaga dengan baik maka bisa menyebabkan gangguan serius, misalnya kanker prostat. Gangguan ini sebagian besar dialami oleh pria berusia 65 tahun. Gangguan pada prostat yang menyebabkan kanker prostat biasanya berkembang secara perlahan. Banyak pasien tidak menyadarinya dan gejala baru diketahui saat sudah stadium lanjut. Deteksi dini berperan sangat penting, dan robotic surgery dapat menjadi solusi untuk operasi kanker prostat.

Keunggulan Robotic Surgery

Setiap teknologi baru pasti memiliki keunggulannya tersendiri. Sama seperti sistem robotik ini, dimana terdapat manfaat pembedahan yang lebih unggul bila dibandingkan dengan jenis operasi biasa. Berikut adalah beberapa keunggulan dari bedah robotik tersebut.

  • Sayatan yang lebih mendetail
  • Kepuasan terhadap hasil operasi dinilai jauh lebih tinggi
  • Tingkat nyeri menurun drastis
  • Waktu penyembuhan relatif lebih cepat
  • Meminimalisir kekurangan darah
  • Lama perawatan rumah sakit yang lebih singkat

Beberapa pakar klinisi menilai bahwa penggunaan teknologi ini mampu kepercayaan diri dokter bedah untuk hasil akhir operasi yang lebih baik.

Baca Juga: Pertama di Indonesia, Operasi Prostat dengan Teknologi Robotik di RSU Bunda Jakarta

Jika Anda mengalami penyakit atau kelainan yang perlu penanganan khusus dengan robotic surgery, segera konsultasikan dengan dokter spesialis kami di RSU Bunda Jakarta yang dapat memberikan Anda rekomendasi penanganan terbaik. Ketahui jadwal dokter di unit-unit RS Bunda Group sekitar Anda dan buat reservasi kunjungan Anda di sini. Kunjungi juga laman informasi kami untuk menemukan layanan-layanan kesehatan lainnya.

Bagikan Artikel Ini: