...

RS Bunda Group

Berita & Artikel

Ayah Bunda Wajib Paham! Ini Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Anak

  • Beranda
  • Ayah Bunda Wajib Paham! Ini Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Anak
kesehatan-gigi-dan-mulut-anak-rs-bunda-group

Setiap orang tua harus memahami cara menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak. Perlu Anda ketahui bahwa masalah pada mulut bisa menyebabkan beberapa gangguan serius. Setidaknya, bau mulut adalah gangguan paling umum. Namun, tahukah Anda bahwa masalah ini cukup mudah untuk diatasi dengan rutin menggosok gigi.

Baca Juga: Tutorial Cara Menggosok Gigi yang Benar Pada Anak

Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Anak

Pada umumnya cara menjaga kesehatan mulut dilakukan dengan bantuan medis untuk hasil terbaik. Namun, berikut beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan di rumah sendiri.

Baca Juga: Karies Gigi Pada Anak: Penyebab, Pencegahan dan Cara Mengatasinya

1.      Ajari Anak Cara Menyikat Gigi yang Benar

Banyak orang tidak sadar bahwa mereka menyikat gigi dengan cara yang salah. Jika hal tersebut diajarkan ke buah hati, maka mereka akan kesulitan untuk menjaga kesehatan mulutnya. Di sisi lain, anak harus memiliki orang yang bisa mencontohkan bagaimana cara menyikatnya dengan benar. Mereka tidak tahu mata sikat dan pasta gigi yang baik untuk digunakan. Oleh sebab itu Anda perlu memahami cara menyikat gigi yang benar sebelum mengajari si kecil untuk rutin menyikat gigi.

Untuk anak yang sudah berumur 24 bulan, dapat menggunakan pasta gigi yang memiliki kandungan fluoride. Tentu dalam takaran tertentu, itu sebabnya penting untuk menggunakan pasta gigi khusus anak. Menyikat gigi bersama anak dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan sekaligus sarana edukasi.

2.      Batasi Makanan Manis dan Biasakan Santap Makanan Sehat

Bukan rahasia lagi jika makanan manis dapat merusak gigi. Anda bisa memperhatikan bahwa anak yang sering mengkonsumsi coklat akan memiliki lubang pada gigi mereka. Menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak bisa dimulai dengan membatasi makanan manis. Tidak masalah jika anak tetap ingin makanan manis, namun Anda perlu membatasi jumlah konsumsi dan juga menyediakan alternatif yang lebih sehat untuk mengurangi konsumsi kadar gula anak.

Selain permen dan coklat, Anda dapat memberi anak makanan seperti buah-buahan, sayur, dan makanan sehat lain untuk menyeimbangan konsumsi gula dengan gizi lainnya supaya anak juga jadi semakin sehat.

3.      Ajak Anak Sikat Gigi Sebelum Tidur Malam

Kebiasaan menyikat sebelum tidur adalah salah satu hal yang harus Anda tanamkan kepada buah hati. Meskipun hal ini terdengar sepele, tapi faktanya kebiasaan ini memiliki dampak besar bagi kesehatan mulut.

Banyak ahli kesehatan yang merekomendasikan bahwa menyikat gigi harus dilakukan minimal 2 kali sehari. Pertama, ajarkan untuk selalu menggosok gigi pada pagi hari. Kemudian, sebelum mereka tidur ajarkan juga untuk melakukannya.

Kebiasaan ini memang harus ditanamkan sejak dini supaya menjadi kebiasaan saat sudah dewasa. Tidak masalah jika Anda sedikit memaksakannya. Namun, tetap jangan sampai membuat anak tertekan. Akan jauh lebih baik jika Anda juga memberikan contoh, sehingga anak akan mengikutinya.

Baca Juga: Gigi Susu Mana Saja yang Akan Tanggal? Pelajari Yuk Bunda

4.      Mengurangi Pemberian Susu Melalui Botol Dot

Mungkin, banyak orang tua tidak menyadari bahwa minum susu dalam botol dot dalam waktu lama tidak terlalu baik bagi sang buah hati. Oleh sebab itu, perhatikan kembali kebiasaan ini. Banyak orang tidak sadar bahwa dot akan membuat gigi terendam cairan manis terlalu lama.

Seperti yang telah diketahui, makanan dan minuman manis memang tidak baik jika dikonsumsi dalam waktu lama. Anda bisa mendapatkan penjelasan lebih lengkap dengan konsultasi dokter gigi Bunda.

5.      Biasakan Kontrol ke Poli Gigi 6 Bulan Sekali

Selain mengajarkan kebiasaan baik, cara menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak lainnya adalah dengan konsultasi dokter gigi tiap 6 bulan sekali. Akan jauh lebih baik jika Anda melakukan konsultasi secara rutin.

6.      Gunakan Sikat dan Pasta Gigi Khusus Anak

Cara terakhir yang bisa Anda pakai adalah menyediakan sikat dan pasta gigi khusus. Pasta gigi untuk anak dan orang dewasa memiliki kandungan berbeda. Artinya, jika kandungan tersebut tidak cocok maka akan merusak gigi pada anak. Jadi, Anda harus memperhatikan hal tersebut.

Baca Juga: 13 Penyakit Gigi dan Mulut yang Paling Umum

Selain dari cara-cara tersebut, Anda juga dapat mengaplikasikan perawatan medis pada masalah gigi yang telah terjadi. Ketahui jadwal dokter di unit-unit RS Bunda Group sekitar Anda dan reservasi kunjungan Anda di sini. Kunjungi juga laman informasi kami untuk menemukan layanan-layanan kesehatan lainnya.

Bagikan Artikel Ini: