RS Bunda Group

Berita & Artikel

Tutorial Cara Menggosok Gigi yang Benar Pada Anak

  • Beranda
  • Tutorial Cara Menggosok Gigi yang Benar Pada Anak
Tutorial Cara Menggosok Gigi yang Benar Pada Anak

Tutorial cara menggosok gigi yang benar pada anak perlu diketahui oleh setiap orang tua untuk menjaga kesehatan mulut anak. Selain mengetahui caranya, penting juga bagi para orang tua untuk memberikan contoh supaya anak memiliki figur panutan dalam menjaga giginya. Bakteri pada mulut mudah sekali berkembang biak seiring dengan rutinitas masuknya makanan maupun minuman ke dalam mulut. Jika dibiarkan terlalu lama tanpa pembersihan, maka berpotensi menyebabkan berbagai macam keluhan hingga penyakit parah.

Baca Juga: Ayah Bunda Wajib Paham! Ini Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Anak

Umumnya, bakteri akan berkembang biak lebih lanjut jika tidak membersihkan area mulut sebelum tidur. Apalagi bila Anda jarang mengkonsumsi air putih atau lebih suka jajan air berperisa manis, bertekstur kental yang bisa meninggalkan kotoran membandel.

Cara Ajarkan Anak Sikat Gigi

Setiap orang tua sudah seharusnya memiliki cara menggosok gigi yang cocok untuk anaknya. Namun, khusus untuk sikat gigi ini ada trik khusus yang terkadang tidak diketahui para orang tua. Bisa jadi juga bahkan dianggap tidak perlu dilakukan, padahal dampaknya besar bagi si kecil.

Baca Juga: Gigi Susu Mana Saja yang Akan Tanggal? Pelajari Yuk Bunda

Mulai hari ini, jangan lagi anggap tidak membersihkan area mulut itu wajar karena dampaknya bisa sampai jangka panjang ke depan. Nantinya malah si kecil yang menderita karena harus merasakan karies, bengkak gusi, dan berbagai keluhan penyakit lainnya.

Ajarkan anak menyikat giginya sedari dini, meskipun sulit namun harus tetap dicoba demi menghindari berbagai sumber penyakit. Ayah dan Bunda bisa memperhatikan trik berikut ini agar anak terbiasa dan tanpa paksaan membersihkan area mulut beserta giginya:

1.      Biarkan Anak Memilih Sikat dan Pasta Gigi Sendiri

Ketika anak sudah memiliki selera dan bisa memilih sendiri, Anda bisa menerapkan cara menggosok gigi yang benar pada anak diawali dengan memberikan mereka pilihan. Biarkan si Kecil memilih pasta dan sikat sesuai dengan kesukaannya saat berbelanja. Dengan demikian, anak akan semakin termotivasi untuk menyikat gigi.

2.      Ajak Anak Sikat Gigi Bersama

Jangan hanya memberi perintah. Selain menetapkan aturan sikat gigi rutin setelah makan dan sebelum tidur, baik Ayah maupun Bunda perlu memberikan contoh melalui tindakan. Ajak si Kecil setiap hari ke kamar mandi untuk membersihkan giginya sampai menjadi kebiasaan dalam otak si kecil. Ingat, peran mengajarkan anak bukan hanya tugas Ibu, selagi Ayah bisa membantu maka perlihatkan contoh baik pada anak dalam menjaga kebersihan diri.

3.      Puji Anak Bila Mau Menggosok Gigi

Memberikan penghargaan atau pujian dapat menjadi sebuah cara ampuh mengajarkan anak hidup sehat. Anda bisa memberikan hadiah maupun pujian apabila mereka telah melakukan cara menggosok gigi yang benar sesuai panduan dari dokter gigi, baik berupa mainan ataupun makanan kesukaan anak. Biasanya pada usia mereka, jika mendapatkan pujian maka akan timbul semangat lebih untuk melakukan hal terbaik. Pujian orang tua secara konsisten dapat membantu anak memahami betapa pentingnya menjaga kebersihan serta kesehatan area mulut setiap hari.

4.      Ceritakan Tentang Manfaat Menggosok Gigi Secara Sederhana

Edukasi si kecil menggunakan bahasa yang mereka mengerti. Berikan kisah nyata betapa pentingnya menggosok gigi karena jika tidak, bahayanya mereka tidak bisa lagi makan cokelat. Bisa juga menceritakan manfaat dari memiliki gigi yang sehat karena bisa makan dan minum apapun yang diinginkan. Mengedukasi cara untuk menggosok gigi yang benar pada anak menggunakan bahasa yang sederhana sejauh lebih efektif daripada menggunakan bahasa rumit.

Baca Juga: Lindungi Senyum Anda dengan Rutin ke Poli Gigi

Cara Menggosok Gigi yang Benar pada Anak

Sedari bayi, Anda bisa mulai rajin membersihkan area mulut si kecil sampai mereka mulai terbiasa membersihkannya sendiri. Namun, apakah sudah menerapkan cara menggosok gigi yang benar? Untuk menjawabnya, perlu jawaban tepat dari ahli

Bunda sudah tahu bagaimana cara menggosok gigi anak secara tepat? Mari ikuti langkah-langkah berikut ini supaya semua kuman dalam mulut bersih terangkat:

  • Posisikan sikat sebesar 45 derajat pada arah gusi serta gigi.
  • Sikatlah area paling belakang kemudian maju ke bagian depan secara perlahan.
  • Sikat perlahan dengan gerak tangan seolah membentuk lingkaran.
  • Posisikan sikat menjadi vertikal saat menggosok area bagian belakang supaya bersihnya maksimal.
  • Bersihkan juga pinggiran gusi secara lembut dan pelan-pelan.
  • Sikat bagian ujung lidah untuk menghindari paparan bakteri pada mulut.
  • Untuk pasta gigi tidak boleh tertelan maka edukasi si Kecil agar selalu mengeluarkannya setelah berkumur.
  • Bilas dengan berkumur sampai bersih.
  • Selesai.

Lakukan instruksi tersebut setiap hari pada si kecil agar mereka terbiasa dan tidak merasa terpaksa untuk membersihkan area dalam mulut. Menjaga kebersihan serta kesehatan gigi maupun gusi dapat memberikan keuntungan tersendiri bagi sang anak.

Baca Juga: Mengenal Perawatan Gigi dan Mulut untuk Senyum Indah Nan Sempurna

Pastikan si Kecil mulai membiasakan diri menjaga kebersihan gigi tanpa paksaan. Untuk masalah gigi yang terlanjur terjadi, Anda dapat langsung memeriksakannya ke dokter gigi atau poli gigi terdekat. Ketahui jadwal dokter di unit-unit RS Bunda Group sekitar Anda dan reservasi kunjungan Anda di sini. Kunjungi juga laman informasi kami untuk menemukan layanan-layanan kesehatan lainnya.

Bagikan Artikel Ini: