RS Bunda Group

Berita & Artikel

Waspada! 12 Penyakit Akibat Komplikasi Hipertensi

  • Beranda
  • Waspada! 12 Penyakit Akibat Komplikasi Hipertensi
penyakit-akibat-komplikasi-hipertensi-yang-perlu-diwaspadai-rs-bunda-group

Komplikasi hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyakit berbahaya yang seringkali berujung pada berbagai masalah kesehatan yang cukup fatal. Penyakit ini bisa dialami oleh siapa saja yang memiliki tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi mengakibatkan pembuluh dindingnya melemah dan merusak arteri yang seharusnya elastis, kuat dan fleksibel. Komplikasi hipertensi juga  menjadi penyebab berbagai penyakit berikut:

Baca Juga: Waspada Hipertensi Dalam Kehamilan: Berbahaya!

1. Serangan Jantung

Penyakit pertama adalah serangan jantung, dimana tekanan tinggi pada pembuluh membuat akan mengganggu fungsi jantung. Bila tidak segera ditangani, maka aliran darah akan sulit memasuki otot, sehingga serangan jantung sangat erat dikaitkan dengan tekanan tinggi. 

2. Gagal Jantung

Komplikasi hipertensi juga dapat memicu gagal jantung yang membuat jantung lebih keras, menebalkan dinding otot jantung, dan memperburuk kondisi kesehatan jantung.

3. Aneurisma

Aneurisma adalah kondisi penonjolan dinding arteri karena tekanan darah yang begitu tinggi. Awal gejala kondisi ini seringkali tidak begitu terasa, namun lambat laun Anda akan merasakan kesakitan seperti denyutan. Saat denyutan ini mulai terasa, Anda harus segera memeriksakan diri ke layanan medis terdekat.

4. Penyakit Arteri Perifer

Komplikasi Hipertensi membuat pembuluh arteri menjadi menyempit pada area kaki, kepala, lengan dan perut. Gejala penyempitan pembuluh arteri umum ditandai dengan kram, nyeri serta nyeri pada otot kaki hingga pinggul.

5. Stroke Ringan (Transient Ischemic Attack)

Transient Ischemic Attack merupakan kondisi di mana pembuluh darah otak mengeras dan menghalangi aliran darah otak. Jika tidak ditangani, gejala ini akan meningkat menjadi stroke. 

6. Stroke

Stroke merupakan komplikasi hipertensi yang mengindikasikan pembuluh mulai menyempit, tersumbat, atau sudah bocor. Kondisi tersebut sangat berbahaya karena mengganggu asupan oksigen serta nutrisi ke otak, membunuh membuat sel dan jaringan serta memperlambat kerja otak. 

7. Aneurisma Otak

Jika komplikasi hipertensi yang dialami oleh pasien sudah berjalan jangka panjang dan semakin parah, otak akan mengalami aneurisma yang sewaktu-waktu bisa pecah. Penyakit ini umum dialami oleh wanita di atas 40 tahun, terutama bagi yang telah mengalami menopause.

8. Penurunan Daya Ingat

Karena komplikasi hipertensi umumnya mempengaruhi kesehatan otak, hipertensi yang tidak ditangani hingga tuntas juga akan menurunkan daya ingat. 

9. Kerusakan Mata

Hipertensi juga mampu menyerang indera penglihatan karena kerusakan pembuluh darah retina dan gangguan pada saraf mata akan terganggu. Pandangan pun menjadi kabur dan dapat berujung pada kebutaan permanen.

Baca Juga: Jaga Kesehatan, ini 11 Penyebab Hipertensi dan Pencegahannya

10. Gangguan Ginjal

Komplikasi hipertensi juga dapat mengganggu fungsi ginjal secara bertahap. Ginjal mengatur pembuangan cairan tubuh, dan jika fungsinya terganggu maka sistem metabolisme juga akan terganggu, dan akhirnya berujung pada kerusakan tubuh yang lebih parah.

11. Sindrom Metabolik

Tanda utama gangguan metabolik dapat dilihat dari peningkatan berat badan secara signifikan atau obesitas, di mana kolesterol jahat lebih banyak dibandingkan yang baik. Ketidakseimbangan ini akan mengganggu kinerja hormon insulin dan mendatangkan berbagai penyakit jantung, stroke, hingga obesitas parah. 

12. Disfungsi Seksual

Disfungsi ereksi dapat terjadi sebagai hasil komplikasi hipertensi yang menghalangi aliran darah menuju penis juga menurunkan gairah seksual bagi wanita.

Baca Juga: Hipertensi Emergensi, Kondisi Darurat yang Butuh Tindakan Cepat

Komplikasi hipertensi seringkali dianggap remeh karena umumnya dianggap sebagai penyakit yang hanya menyerang orang usia lanjut. Jika Anda mulai merasakan gejala yang tidak nyaman, segera periksakan diri Anda ke unit medis dengan spesialisasi jantung dan pembuluh darah seperti RSU Bunda Jakarta. Ketahui juga jadwal dokter di unit-unit RS Bunda Group sekitar Anda dan reservasi kunjungan Anda di sini. Demi kualitas kesehatan Anda, kunjugi juga laman informasi untuk mendapatkan layanan kesehatan RS Bunda Group yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Bagikan Artikel Ini: