RS Bunda Group

Berita & Artikel

Apa Itu Medical Body Composition Analyzer? Ini Manfaatnya untuk Tubuh

  • Beranda
  • Apa Itu Medical Body Composition Analyzer? Ini Manfaatnya untuk Tubuh
apa-itu-medical-body-composition-analyzer-ini-manfaatnya-untuk-tubuh-rs-bunda-group

Body composition analyzer merupakan sebuah sistem medical check up yang digunakan untuk mengukur massa lemak, kondisi air dalam tubuh, otot, rangka, hingga berbagai macam jaringan dalam tubuh. Analisis ini digunakan untuk mengukur kadar nutrisi yang sebenarnya seseorang buthkan.

Baca Juga: Medical Check Up Berkala untuk Kesehatan Anda

Komposisi tubuh mengacu pada segala sesuatu di tubuh dan umumnya diketagorikan menjadi beberapa kompartemen yang berbeda. Dua kompartemen yang umum digunakan adalah massa lemak dan massa non-lemak.

Massa lemak mengacu pada semua jaringan lemak di tubuh Anda. Massa non-lemak adalah otot, organ, tulang, dan cairan (fluid).

Jika keduanya berubah sekaligus, Anda mungkin tidak melihat adanya perubahan pada berat badan.

Misalnya, jika Anda mulai berolahraga, Anda mungkin mendapatkan dua pon otot di bulan pertama. Pada saat yang sama, Anda mungkin kehilangan dua pon lemak karena membakar lebih banyak kalori melalui olahraga atau perubahan pola makan. Reservasikan kunjungan Anda ke unit-unit RS Bunda Group terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan Body Composition Analyzer yang menyeluruh.

Menentukan Komposisi dalam Tubuh

Body composition analyzer dapat membantu menentukan massa indeks tubuh yang sehat dan mencegah datangnya berbagai macam penyakit. Berikut cara terbaik dalam melakukan pengukuran secara efektif dan akurat.

1. Kapiler Kulit (Skin Calipers)

Tes ini menggunakan alat yang berbentuk seperti jangkat untuk mengukur lemak dan tempat lemak itu berada. Hasilnya bisa dilihat langsung pada alat dan sangat akurat. Alat ini mengukur ketebalan lipatan kulit yang menggambarkan tebal lapisan lemak subkutan. Setelah angkat didata dan dirumuskan, hasil pengukuran ketebalan lipat kulit ini dapat digunakan untuk memperkirakan persentase lemak tubuh.

2. Penimbangan Bawah Air (Underwater Weighing)

Penimbangan bawah air atau pengujian hidrostatik adalah metode penentuan komposisi tubuh. Metode ini digunakan untuk mengukur kepadatan tubuh total seseorang menggunakan prinsip Archimedes yang menyatakan bahwa gaya apung pada objek yang tenggelam sama dengan berat cairan yang dipindahkan oleh objek.

Anda dapat menggunakan prinsip ini untuk menentukan persentase lemak tubuh seseorang karena kepadatan massa lemak dan massa bebas lemak bersifat konstan. Jaringan seperti tulang dan otot, lebih padat daripada air, dan jaringan lemak kurang padat daripada air, oleh karena itu, seseorang dengan lebih banyak lemak tubuh akan lebih ringan di bawah air, dan orang dengan lebih banyak otot akan lebih berat di bawah air.

3. Pod Tubuh (Bod Pod)

Pod tubuh merupakan metode body composition analyzer yang lebih nyaman digunakan dibandingkan dengan penimbangan bawah air. Sesuai namanya, pengukuran ini menggunakan alat semacam pod (tabung besar) yang akan pasien masuki untuk diukur dengan memanfaatkan udara.

4. Dual X-Ray Absorptiometry (DXA) Scan

Metode ini menggunakan alat sinar X tingkat rendah atau disebut juga dengan DEXAN Scan. Prosesnya dilakukan ke seluruh tubuh. Dengan begini dokter bisa mengetahui dimana saja kadar lemak terbanyak. Penilaiannya tergolong efektif karena jika sudah didata, dokter atau penguji biasanya langsung diberikan solusi apa yang harus dilakukan agar penurunan bisa terjadi.

5. Impedansi Bioelektrik (Bioelectrical Impedance)

Bioelectrical Impedance menentukan komposisi tubuh dengan mengalirkan arus listrik kecil ke seluruh tubuh. Berbagai jaringan tubuh (misalnya otot, lemak, tulang, dll.) memiliki kandungan konduktivitas listrik yang berbeda antara karena variasi kandungan airnya.

Perbedaan ini yang dimanfaatkan dalam pengujian dengan menganalisis kecepatan arus listrik kecil yang melewati jaringan. Dengan menghitung impedansi (hambatan arus listrik [Z]) dari arus listrik dari tiap jaringan, mesin dapat memperkirakan komposisi tubuh.

Baca Juga: Pemeriksaan Pendengaran Pada Bayi dan Anak

Manfaat Medical Body Composition Analyzer

1. Menentukan Perencanaan yang Tepat dalam Mengurangi Lemak dan Meningkatkan Massa Otot

Body composition analyzer mampu memberikan angka secara pasti berapa kadar lemak dalam tubuh. Dengan demikian, Anda dapat melakukan perencanaan konsumsi nutrisi yang terbaik untuk Anda.

Selain itu, dari angka tersebut ada langkah terbaik untuk melakukan diet dengan peningkatan massa otot. Caranya dengan melakukan berbagai aktivitas sesuai dengan tingkat penumpukan lemaknya.

2. Memahami Risiko Munculnya Osteoporosis

Body composition juga akan menghitung juga berapa kepadatan tulang dalam tubuh sehingga membantu Anda dan petugas medis mengatasi osteoporosis. Jika hasil analisis mengindikasi adanya kerapuhan, setiap pasien bisa mencoba mencegahnya dengan diet makanan bergizi atau berolahraga sesuai dengan kebutuhan. Inilah pentingnya melakukan analisa terhadap komposisi tersebut.

3. Mengidentifikasi Risiko Kesehatan Tubuh untuk Jangka Panjang

Manfaat berikutnya dari body composition analyzer untuk mengidentifikasi risiko kesehatan Anda dalam jangka panjang. Perlu diketahui, bila ada satu saja masalah dalam tubuh, biasanya akan menjalar.

Hal ini terjadi karena adanya sebab dan akibat, contohnya saja lemak yang tertimbun di sekitar perut, bisa saja merupakan indikasi resiko gangguan jantung dan dapat menimbulkan gejala yang berat. 

Risiko kondisi kesehatan tidak terjadi begitu saja, melainkan secara perlahan dan memiliki efek yang akan bertahan dalam waktu yang cukup lama. Dengan mengetahui kadar lemak membuat Anda mengerti harus bagaimana agar kesehatan tetap terjaga.

Tips Memperbaiki Komposisi Tubuh

Untuk bisa memperbaiki komposisi tubuh ini, setiap orang harus melakukan latihan. Misalnya, melakukan olahraga. Intinya bagaimana caranya lemak dalam tubuh bisa terbakar sempurna, sehingga mampu mengubahnya menjadi energi.

Baca Juga: Layanan Medical Check-Up RSU Bunda Padang untuk Kesehatan Anda

Jaga pola makan agar hasil body composition analyzer bisa sesuai dengan keinginan dan kesehatan akan terus terjaga. Jika Anda ingin melakukan pemeriksaan tubuh, tiap unit RS Bunda Group siap melayani reservasi Anda. Terdapat jadwal dokter yang dapat Anda pelajari untuk menemukan waktu kunjungan terbaik, atau kunjungi laman informasi kami untuk menemukan layanan kesehatan yang sesuai dengan Anda.

Bagikan Artikel Ini: