RS Bunda Group

Berita & Artikel

Pentingnya Medical Check Up Setelah Puasa dan Lebaran

  • Beranda
  • Pentingnya Medical Check Up Setelah Puasa dan Lebaran
medical-check-up-rs-bunda-group

Melakukan medical check up merupakan hal yang sangat penting untuk mengetahui bagaimana kondisi kesehatan secara menyeluruh. Sehingga apabila ada masalah dalam tubuh, kita dapat segera menjalani pengobatan.

Baca Juga: Medical Check Up Berkala untuk Kesehatan Anda

Terutama setelah Ramadhan dan lebaran usai. Sebab selama bulan Ramadhan kebiasaan hidup banyak berubah, misalnya waktu makan, beristirahat, juga jam tidur yang berkurang.

Selain faktor kebiasaan, kelelahan, ada juga faktor emosional mempengaruhi tubuh sehingga sangat perlu melakukan pemeriksaan setelah Ramadhan berakhir. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan rinci betapa pentingnya melakukan pemeriksaan kesehatan setelah Ramadhan.

Kenapa Harus Periksa Kesehatan Setelah Puasa?

Banyak yang mengeluhkan tubuh terasa sangat lelah dan tidak bertenaga saat berpuasa, terutama menjelang berbuka. Namun, rasa lelah tersebut tidak hilang dengan istirahat dan tidur.

Karena rasa lelah ini, maka semangat beribadah berkurang bahkan muncul rasa malas. Jika keadaan ini terus terjadi, Anda perlu melakukan medical check up. Sebab bisa menjadi gangguan serius pada tubuh jika tidak mendapatkan penanganan sama sekali.

Sebenarnya, memang wajar apabila tubuh terasa panas, lemah, dan lesu, bahkan juga pegal-pegal. Ini akibat tubuh yang tidak mendapatkan asupan kalori selama 12 jam. Namun, ada dua hal perlu diperhatikan apabila Anda mengalami hal ini, yaitu:

Baca Juga: Pentingnya Program Skrining Kesehatan Wanita dan Anak di Indonesia

1.  Kondisi Kesehatan Melemah

Kondisi badan lemas saat berpuasa sangat wajar, sebab tidak makan atau minum selama belasan jam. Bahkan apabila tubuh terasa panas juga masih dapat dikatakan wajar apalagi jika disertai dengan berbagai kegiatan yang menguras energi. Akan tetapi, ketidakwajaran akan muncul apabila Anda mengalami lemas dan lesu berkepanjangan yang mengakibatkan menurunnya produktivitas.

Padahal segala persyaratan kesehatan seperti beristirahat dan mengatur makanan sudah dilakukan. Jika demikian, maka perlu medical check up untuk memastikan kondisi kesehatan Anda. Ada beberapa penyebab kondisi kesehatan yang melemah ini, yaitu:

  • Kadar gula darah tinggi

Yaitu kondisi di mana gula darah tubuh meningkat setelah berbuka puasa. Hal ini disebabkan karena konsumsi makanan manis dalam jumlah banyak selama berkali-kali.

  • Kalap saat berbuka

Ketika Anda terlalu banyak makan saat berbuka akan menyebabkan lemas, pusing, dan mual, karena perut penuh atau bloating.

  • Adanya radang lambung

Kondisi ini terjadi ketika Anda mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu asam saat berbuka puasa.

  • Kelebihan MSG

Penyebab lainnya adalah kelebihan mengkonsumsi MSG sehingga membuat badan tidak bertenaga dan pusing.

Baca Juga: Layanan Medical Check-Up RSU Bunda Padang untuk Kesehatan Anda

2.  Bahaya Banyak Asupan dalam Sekali Konsumsi

Salah satu penyebab yang membuat Anda justru tidak bersemangat setelah berbuka adalah bloating (kembung). Perut penuh karena makan terlalu banyak dalam sekali duduk sangat berpotensi menyebabkan lemas.

Jika efeknya berkepanjangan, kondisi ini dapat menjadi gangguan kesehatan akut. Inilah mengapa Anda perlu melakukan medical check up setelah menyelesaikan puasa.

Bukan hanya saat berbuka puasa, tapi bahaya banyak asupan dalam satu kali konsumsi juga bisa terjadi saat lebaran. Makan besar di hari raya merupakan hal yang menjadi kebiasaan dan tradisi, sehingga kondisi ini umum terjadi. Sebaiknya, jangan berlebihan saat mengonsumsi makanan, dan lakukan pengecekan kesehatan setelah lebaran.

Medical Check Up yang Wajib Dilakukan

Ada berbagai pilihan pengecekan kesehatan di rumah sakit, tergantung keinginan dan hasil konsultasi dengan dokter. Saat melakukan pemeriksaan, ada baiknya mengutamakan pengecekan berikut ini:

1.  Kolesterol dan Gula Darah

Sebagai pembuka bisa langsung melakukan pengecekan kolesterol dan gula darah. Sebab makanan-makanan yang dikonsumsi saat Ramadhan dan lebaran umumnya berlemak juga mengandung gula tinggi.

2.  Jantung

Anda juga harus melakukan medical check up jantung. Kasus serangan jantung memiliki tren peningkatan pada musim liburan, seperti setelah lebaran atau hari raya keagamaan lainnya.

Hal ini terjadi karena sebagian besar orang melepas kontrol diri dan memperbolehkan diri konsumsi berbagai makanan, meskipun makanan tersebut adalah pantangannya. Selain itu, tingkat depresi di musim hari raya juga meningkat.

3.      Check Up Menyeluruh

Jika Anda ingin menghindari faktor risiko secara keseluruhan, maka bisa melakukan check up menyeluruh. Dengan demikian, akan mendapatkan laporan lengkap mengenai kondisi kesehatan.

Medical check up bisa dilakukan di rumah sakit terdekat salah satunya di RS Bunda Group yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Trik Jaga Kesehatan dan Tetap Bugar Setelah Puasa

Menjaga kesehatan sangat penting, baik saat berpuasa maupun setelahnya. Agar tetap bugar dan sehat, coba praktekkan beberapa hal berikut:

  • Tetap melanjutkan ibadah puasa setelah Ramadhan dengan puasa sunah 2 kali seminggu. Sebab berpuasa akan mempercepat proses pengeluaran racun dan sel-sel rusak dari tubuh.
  • Kebiasaan makan teratur saat Ramadhan tetap dilakukan, selain itu juga perhatikan asupan makanan Anda.
  • Lakukan medical check up rutin agar dapat mengetahui kondisi kesehatan.
  • Konsumsi kurma setiap hari, karena kurma kaya akan zat besi, serat, dan antioksidan.
  • Tetap lakukan aturan 80/20, artinya hanya makan hingga 80% kenyang sehingga kemampuan tubuh dalam mencerna dapat berjalan dengan baik.
  • Konsumsi probotik untuk mendukung bakteri baik dalam usus.
  • Kesehatan emosional tetap harus dijaga.

Karena kebanyakan gangguan kesehatan diakibatkan oleh konsumsi makanan yang kurang tepat selama bulan Ramadhan. Salah satu cara jaga kesehatan adalah dengan melakukan pengecekan rutin. Anda bisa memanfaatkan fitur medical check-up RS Bunda Group untuk cek kesehatan secara rutin. Dengan demikian, Anda tetap dapat menikmati masa lebaran dengan sehat dan nyaman.

Baca Juga: Apa Itu Medical Body Composition Analyzer? Ini Manfaatnya untuk Tubuh

Reservasikan sesi Anda dengan ahli preferensi dari jadwal dokter RS Bunda Group. Kunjungi juga laman informasi kami untuk layanan kesehatan lainnya.

Bagikan Artikel Ini: