RS Bunda Group

Berita & Artikel

Pelajari Cara Kerja Kemoterapi RSM Oncology

  • Beranda
  • Pelajari Cara Kerja Kemoterapi RSM Oncology
pelajari-cara-kerja-kemoterapi-rsm-oncology-rs-bunda-group

Cara kerja kemoterapi menyembuhkan pasien kanker adalah dengan menghambat serta menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh pasien. Kemoterapi sebagai metode pengobatan menggunakan obat kimia sangat kuat dalam penanganan kanker. Metode ini juga digunakan dalam pengobatan penyakit sumsum tulang belakang, gangguan sistem imunitas, serta penyakit lupus.

Baca Juga: Pencegahan Kanker Serviks yang Perlu Bunda Ketahui

Dalam penerapannya, kemoterapi juga dipadukan dengan penggunaan obat kimia, terapi hormon, operasi, dan radioterapi agar maksimal. Cara kerja kemoterapi bekerja ke seluruh tubuh pasien sehingga sering menyebabkan efek samping dalam jangka beberapa bulan secara intensif. Oleh sebab itu, pasien di bawah penanganan akan membutuhkan pengawasan berkala.

Cara Kerja Kemoterapi yang Perlu Diketahui

Umumnya, cara kerja kemoterapi dapat diberikan dalam bentuk tablet minum. Namun, kebanyakan obat diberikan dengan metode intravena menggunakan infus dan obat dialirkan dari kantong yang dihubungkan ke vena menggunakan selang PICC.

Selang dipasang ke dalam vena lengan selama terapi dan dihubungkan dengan pompa yang diatur secara otomatis mengatur jumlah serta kecepatan aliran obat untuk memperlancar proses penanganan. Penyaluran obat juga dapat dilakukan menggunakan selang dimasukkan ke dalam dada pasien dan disambungkan pada vena dekat dengan jantung disebut central line. Beberapa pasien juga memilih untuk memasang selang pada vena punggung tangan langsung.

Baca Juga: Wajib Tahu! Berikut 3 Cara Cek Kanker Payudara Sedari Dini

Kanker organ seperti usus, lambung, hati, dan ovarium membutuhkan kemoterapi melalui rongga perut, sedangkan pengobatan kanker kulit dilakukan terapi dalam bentuk krim dan dioleskan dari luar. Dengan demikian, secara garis besar cara kerja kemoterapi adalah dengan menyalurkan obat ke dalam darah hingga ke seluruh tubuh untuk menargetkan sel-sel abnormal yang sedang membelah diri dan  menekan perkembangbiakannya.

Berbagai Macam Manfaat Kemoterapi

Kemoterapi merupakan salah satu prosedur pengobatan yang membutuhkan periode waktu yang cukup lama dan umumnya memiliki efek samping yang cukup signifikan. Cara kerja kemoterapi memiliki sejumlah manfaat yang tidak kalah besarnya seperti berikut:

  1. Memperkecil ukuran tumor ganas dengan menekan laju pertumbuhan dan perkembangbiakan sel, sehingga mengecilkan tumor dan penyebaran tumor ganas dapat ditekan lebih cepat dan aman.
  2. Menghambat penyebaran tumor ganas atau kanker ke organ atau bagian tubuh lain. Cara kerja kemoterapi mengikuti aliran darah sesuai penanganan yang digunakan sehingga lebih aman untuk mengatasi masalah penyakit seperti ini.
  3. Meningkatkan efektivitas metode pengobatan lain yang lebih aman. Kemoterapi dikombinasikan dengan radioterapi pada perawatan mulai dari pra-operasi maupun pasca sehingga dapat meringankan rasa sakit yang timbul akibat tumor ganas.  Di sini aktivitas sel ditekan sehingga nyeri yang timbul menjadi berkurang.

Efek Samping dari Kemoterapi

Dibalik efektivitasnya kemoterapi memiliki efek samping, radiasi kuat yang digunakan juga merusak sel bagian tubuh lain seperti kuku, rambut, kulit sampai saluran pencernaan. Selain itu juga menyebabkan gangguan seperti berikut ini:

  1. Mual dan muntah. Efek ini dapat diatasi dengan mengonsumsi obat anti mual dan lemas bisa diatasi dengan relaksasi. Karena cara kerja kemoterapi  juga dapat menimbulkan infeksi, biasakan mencuci tangan dan menjaga kebersihan. Terdapat juga efek anemia sehingga pasien perlu menjaga pola tidur teratur.
  2. Penurunan selera makan, konsumsi buah, sayur dan suplemen. Demam, mengompres dan minum obat pereda demam. Seriawan, minum es untuk meredakan nyeri. Penurunan daya ingat, sering membaca dan lakukan senam otak.

Efek samping dapat dialami setelah pasca terapi umumnya merupakan indikasi gejala kanker sekunder.

Baca Juga: Terapi Kanker Lebih Mudah dan Nyaman dengan Pemasangan Chemoport

Untuk konsultasi dan penanganan onkologi secara menyeluruh, Anda dapat mengunjungi RSU Bunda Jakarta. Ketahui jadwal dokter di unit-unit RS Bunda Group sekitar Anda dan reservasi kunjungan Anda di sini. Demi kemudahan Anda dan keluarga, kunjungi juga laman informasi kami untuk mendapatkan layanan-layanan RS Bunda Group.

Bagikan Artikel Ini: