RS Bunda Group

Berita & Artikel

Memelihara Kesehatan Mata Selama WFH dengan Cara Ini

  • Beranda
  • Memelihara Kesehatan Mata Selama WFH dengan Cara Ini
kesehatan-mata-rs-bunda-group

Salah satu yang penting Anda jaga saat melakukan WFH (Work from Home) adalah kesehatan mata. Dengan maraknya praktik bekerja dari rumah, banyak orang menatap layar komputer atau gadget dalam waktu lama. Agar tidak menyebabkan berbagai efek samping di masa depan, maka sebaiknya Anda mulai memperhatikan hal ini sejak sekarang.

Baca Juga: Ternyata Ini Efek Kurang Tidur yang Buruk Bagi Kesehatan

Apabila tidak diperhatikan dengan baik dan dibiarkan begitu saja dalam jangka panjang akan membuat penglihatan berkurang. Bagi Anda yang selama ini abai mengenai hal ini, berikut kami paparkan bahaya dari blue light serta bagaimana cara merawat penglihatan.

Bahaya Blue Light

Apakah Anda tahu apa itu Blue Light? Blue light atau cahaya biru merupakan cahaya yang dipancarkan dari layar perangkat digital, seperti smartphone, laptop, layar komputer, maupun perangkat lainnya.

Cahaya ini jika terus menerus masuk ke dalam mata dapat membahayakan kesehatan mata. Beberapa efek yang diakibatkan dari paparan cahaya biru adalah:

1.  Mengganggu Pola Tidur

Kebanyakan menerima efek blue light dapat menyebabkan pola tidur Anda terganggu. Kebiasaan melihat layar gadget atau perangkat digital lainnya saat bekerja dari rumah bisa membuat susah tidur dan insomnia.

 2.  Kerusakan pada Otot dan Retina

Bukan hanya insomnia, para karyawan yang sering bekerja dari rumah di depan komputer selama berjam-jam dan terpapar cahaya biru akan mengalami kerusakan retina, dari ringan hingga berat.

 3.  Kelelahan pada Mata

Selain itu, juga bisa membahayakan kesehatan mata sebab menimbulkan kelelahan. Bahkan tidak jarang membuat penglihatan berkurang dan membuat mata minus, bisa juga berakibat pada kebutaan.

4.  Meningkatkan Risiko Katarak

Anda juga kemungkinan mengalami risiko katarak. Jika sebelumnya ada risiko, maka akan meningkatkan kemungkinannya. Apabila tidak ada, akan membuat kemungkinan mengalami katarak semakin besar.

 Cara Memelihara Kesehatan Mata

Bekerja di depan komputer selama WFH merupakan hal yang sulit dihindari. Anda hanya bisa melakukan pencegahan berbagai masalah dengan menggunakan cara-cara memelihara kesehatan mata berikut ini:

1.  Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Asupan gizi menjadi hal penting untuk menjaga penglihatan agar tetap sehat. Berbagai jenis makanan seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, telur, salmon, tuna, sarden, dan sayuran seperti wortel dapat membantu jaga kualitas penglihatan Anda.

 2.  Mengatur Pencahayaan Ruangan

Anda juga perlu mengatur pencahayaan ruangan dengan baik agar tidak membahayakan kesehatan mata. Pastikan tidak menyalakan lampu terlalu terang atau redup.

Gunakan bohlam dengan watt kecil dan menyerupai sinar matahari alami. Arahkan penerangan ke bawah mata dan jangan pasang bohlam dengan cahaya neon terang. Hal ini terutama dilakukan bagi penderita mata minus.

3.  Hindari Asap Rokok

Bukan hanya paru-paru yang bisa terkena efek negatif dari asap rokok, tapi juga indera penglihatan. Jadi, saat bekerja di depan komputer atau gadget sebaiknya hindari sambil merokok. Kalaupun sedang merokok sebaiknya jangan sampai terkena retina.

4.  Hindari Melihat Gadget Terlalu Lama

Sebaiknya, Anda juga tidak melihat layar gadget terlalu lama, karena bisa membuat pandangan kabur, sulit berkonsentrasi, sakit kepala, juga sakit di bagian punggung, bahu, dan nyeri leher.

Baca Juga: Bunda! Coba Perhatikan Kesehatan Mental Remaja Sejak Dini

Istirahatkan mata setelah menatap layar selama 20-30 menit sehingga tidak mudah lelah. Istirahatkan beberapa menit untuk mengembalikan penglihatan dan setelah 2 jam pastikan lepas dari layar terlebih dahulu setidaknya 15 menit.

5.  Lakukan Senam Mata

Anda juga perlu melakukan senam mata setidaknya 3 kali sehari, yaitu pagi, siang, dan malam hari. Juga bisa melakukannya setelah melihat layar dalam waktu lama agar otot yang lelah kembali bertenaga.

 6.  Tidur yang Cukup

Selain itu, pastikan tidur yang cukup setidaknya 7 jam sehari. Jadi, jangan memforsir diri dengan jam kerja panjang. Sebab meskipun bekerja dari rumah, tetap harus memastikan tidak melebihi dari waktu kerja yang seharusnya.

Rekomendasi Produk Anti Blue Light untuk Mata

Melindungi kesehatan mata merupakan hal yang harus dan wajib dilakukan oleh Anda selama bekerja dari rumah ataupun bekerja di kantor. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa produk anti blue light berikut:

1.  Blue Light Protector

Produk ini bekerja dengan cara melakukan filter emisi sinar biru dari layar gadget sehingga warnanya menjadi lebih gelam atau warm. Anda dapat menyetel tingkat cahaya sesuai keinginan dan kemampuan penglihatan masing-masing.

2.  Kacamata Anti Radiasi

Adapun produk untuk menjaga kesehatan mata dari efek cahaya biru yaitu kacamata anti blue light. Kacamata ini punya kemampuan untuk menahan dan menyaring cahaya biru dari layar.

Efeknya dapat membantu mengurangi kerusakan retina akibat paparan cahaya biru dalam waktu panjang. Bisa juga dikombinasikan dengan lensa mata minus maupun plus.

3.  Tempered Glass Anti Radiasi

Produk lainnya yang bisa Anda gunakan adalah tempered glass anti radiasi. Produk ini dapat dipasang pada layar smartphone, tablet, maupun laptop. Fungsinya menyaring cahaya biru dari layar sehingga efek negatif yang masuk ke retina lebih sedikit.

Bagi Anda yang bekerja dari rumah alias WFH dan diharuskan sering berhadapan dengan layar gadget, maka harus perhatikan kesehatan penglihatan. Kesehatan mata bisa dijaga dengan asupan gizi, senam mata, dan memperhatikan durasi berada di depan layar.

Baca Juga: Ayah, Perhatikan Kesehatan Mental Ibu Rumah Tangga

Untuk pemeriksaan mata yang memadai, silakan reservasi kunjungan Anda ke salah satu unit RS Bunda Group, atau buat janji sesuai dengan jadwal dokter pilihan Anda. Kami juga memiliki laman informasi di mana Anda dapat menemukan layanan kesehatan lainnya.

Bagikan Artikel Ini: