RS Bunda Group

RS Bunda Group

Berita & Artikel

  • Beranda
  • Ayo! Vaksinasi Covid demi Imunitas Bersama!

Ayo! Vaksinasi Covid demi Imunitas Bersama!

ayo-vaksinasi-covid-demi-imunitas-bersama-rs-bunda-group

Perlu diketahui, vaksinasi merupakan salah satu cara paling efektif dalam menangani pandemi virus Covid-19 yang tengah menjamur di dunia saat ini. Melalui fasilitas yang sudah disediakan oleh pemerintah, vaksinasi kini mudah untuk didapatkan. Simak penjelasan vaksinasi Covid berikut ini.

Baca Juga: Manfaat Dan Pentingnya Vaksin Booster, Anda Wajib Tahu

Kenapa Perlu Vaksinasi Covid?

Vaksinasi memberikan antigen yang dapat merangsang pembentukan imunitas (antibodi) sistem imun di dalam tubuh. Vaksinasi memiliki peran penting dalam membuat sistem kekebalan tubuh karena membantu tubuh untuk mengenali dan melawan bakteri atau virus jahat dengan lebih cepat. Sebaliknya, apabila tidak melakukan vaksinasi, maka sistem kekebalan tubuh akan lemah ketika melawan virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Reservasi vaksinasi Anda di unit RS Bunda Group terdekat.

Kemudian, dengan adanya cakupan vaksinasi Covid yang tinggi dan sudah merata, kekebalan kelompok atau yang disebut juga herd immunity akan terbentuk. Apabila herd immunity terbentuk, masyarakat yang tidak mendapatkan vaksinasi Covid karena alasan tertentu juga akan menjadi aman. Jadi, tidak hanya melindungi diri sendiri, tetapi juga melindungi orang lain.

Baca Juga: RS Bunda Group Kini Hadirkan Pendaftaran Vaksinasi Covid 19 Anak

Tentu saja, vaksin tidak dapat mencegah 100% masuknya virus Covid-19 dalam tubuh. Namun, pasien tertular yang sudah divaksin hanya akan merasakan gejala ringan dan kecil kemungkinan untuk mengalami komplikasi akibat Covid-19. Dengan adanya efek tersebut, penting untuk mendapatkan vaksinasi Covid agar angka kesakitan hingga kematian dapat menurun dan menekan dampak sosial ekonomi dan lemahnya produktivitas akibat pandemi.

Fakta Penting Vaksinasi Covid

1. Vaksin Covid-19 Halal dan Aman untuk Digunakan

Vaksin yang tersebar di Indonesia telah lulus uji klinis dan evaluasi dari BPOM. Seluruh jenis vaksin Covid-19 yang masuk di Indonesia sudah dipastikan keamanannya, salah satunya adalah Sinovac. Sinovac sendiri mengandung virus yang sudah mati (inactivated virus), serta tidak mengandung boraks, merkuri, pengawet, dan juga formalin. Selain itu, dapat dipastikan bahwa vaksin tidak mengandung unsur non-halal di dalamnya.

2. Vaksin Covid-19 yang sudah Beredar Bukan untuk Uji Klinis

Terpaan informasi secara masif yang kebenarannya tidak dapat dipertanggungjawabkan tidak lagi asing di era digital saat ini. Salah satu isu miring yang tersebar saat ini adalah peredaran vaksinasi Covid hanya bertujuan untuk uji klinis semata. Namun, faktanya adalah vaksin Covid-19 telah mendapatkan izin penggunaan dari BPOM, serta dikemas menggunakan vial single dose (botol kaca) dan tidak ditandai dengan “only for clinical trial”. 

3. Vaksin Covid-19 Tidak Mengandung Sel Vero

Pemerintah telah memberikan pernyataan mengenai kandungan vaksin Covid-19. Vaksin Covid-19 sudah dipastikan tidak mengandung sel vero yang tidak halal. Sel vero menjadi media kultur yang dapat membantu tumbuh kembang virus bahan baku vaksin. Setelah mendapatkan jumlah virus yang cukup, virus dipisahkan dari media pertumbuhan dan dimatikan untuk dijadikan vaksin. Jadi, sel vero tidak akan ikut terbawa di tahap akhir pembuatan vaksin.

Baca Juga: Vaksin Covid, Membawa Harapan atasi Virus

4. Distribusi Vaksin Covid-19 akan Rampung Selama 15 Bulan

Informasi awal yang tersebar menyebutkan bahwa vaksinasi Covid membutuhkan waktu 3,5 tahun untuk tersebar secara menyeluruh di Indonesia. Faktanya, spekulasi waktu penyebaran tersebut merupakan cakupan penyebaran seluruh dunia, bukan untuk Indonesia. Pemerintah mengklarifikasi bahwa program ini akan rampung dalam kurun waktu 15 bulan di Indonesia, terhitung dari Januari 2021 hingga Maret 2022.

5. Tahapan Penyebaran Vaksin Covid-19 di Indonesia

Vaksinasi Covid-19 perlu menyebar secara bertahap menyesuaikan jumlah pasokan vaksin Covid-19 yang masuk di Indonesia karena apabila dilakukan secara serentak ke seluruh masyarakat Indonesia. Karenanya, penyebaran vaksinasi Covid-19 dilakukan ke dalam 4 (empat) tahap dan dibagi ke dalam 2 (dua) periode waktu yang berbeda. Saat ini, periode 1 (tahap I dan II) sudah selesai didistribusikan kepada golongan masyarakat yang dituju. Pemerintah tengah berfokus dalam menyelesaikan periode 2, yang terdiri dari tahap III dan IV sampai dengan Maret 2022.

Baca Juga: BMHS Dipercaya Menparekraf Sandiaga Uno Sebagai Vaksinator Sentra Vaksinasi Covid19 di Kemenparekraf

Penting untuk digarisbawahi, vaksin bukanlah pengobatan, tetapi sebagai salah satu langkah pencegahan paparan virus Covid-19. Anda dapat melakukan reservasi vaksin di salah satu unit RS Bunda Group. Untuk mendapatkan jadwal vaksinasi terbaik, perhatikan jadwal dokter di unit-unit RS Bunda Group sekitar Anda. Ada juga laman informasi kami yang menawarkan layanan-layanan RS Bunda Group selengkapnya sesuai kebutuhan Anda.

Bagikan Artikel Ini: