RS Bunda Group

Berita & Artikel

Manfaat Dan Pentingnya Vaksin Booster, Anda Wajib Tahu

  • Beranda
  • Manfaat Dan Pentingnya Vaksin Booster, Anda Wajib Tahu
manfaat-vaksin-booster-rs-bunda-group

Pemerintah tidak hanya menghimbau masyarakat untuk meningkatkan protokol kesehatan, tapi juga tengah mempercepat pemberian vaksin booster. Hal ini muncul karena adanya penurunan antibodi yang telah terbukti dalam dalam enam bulan setelah vaksinasi virus Covid-19 dosis lengkap.

Baca Juga: RS Bunda Group Kini Hadirkan Pendaftaran Vaksinasi Covid 19 Anak

Masyarakat perlu mendapatkan booster dosis lanjutan untuk meningkatkan antibodi, terutama bagi golongan rentan. Melalui pemberian vaksin booster tersebut, akan ada peningkatan efektivitas dari vaksinasi sebelumnya yang telah menurun. Reservasikan penerimaan dosis booster Anda di salah satu RS Bunda Group.

Lansia dan penderita imunokompromis serta masyarakat yang telah berusia 18 tahun ke atas menjadi prioritas pemberian dosis booster tersebut. Bagi masyarakat awam yang belum mengetahui manfaat pemberian vaksinasi booster, berikut kami berikan penjelasannya.

Fakta dan Manfaat Vaksin Booster COVID-19

Di Indonesia, vaksin dosis ketiga tersebut diberikan secara homolog dan heterolog. Homolog yakni pemberian vaksin sama dengan sebelumnya, sementara heterolog adalah pemberian vaksin yang berbeda dari yang sebelumnya.

Vaksin booster hanya bisa Anda terima masyarakat sudah menyelesaikan dosis kedua lebih dari 6 bulan. Selain itu juga, prioritas pemberian vaksin ada pada pengidap penyakit komorbid dan individu dengan daya tahan tubuh lemah.

Perlu Anda ketahui bahwa respon atau kondisi tubuh setiap orang berbeda. Faktor lainnya juga dipengaruhi oleh jenis vaksin seperti diperoleh sebelumnya serta varian virus yang beredar.

Dengan adanya kebijakan pemberian vaksin ketiga tentu lebih baik ketimbang tidak sama sekali. Adapun berikut beberapa manfaat pemberian vaksin booster Covid-19:

  1. Mempertahankan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terinfeksi virus Corona
  2. Memperkuat antibodi yang telah terbangun sebelumnya pasca pemberian dosis pertama dan kedua
  3. Memperpanjang masa perlindungan tubuh dari serangan virus terutama sejak munculnya varian baru omicron
  4. Sebagai upaya untuk meningkatkan adaptasi kesehatan masyarakat secara jangka panjang di masa pandemi covid 19
  5. Sebagai upaya untuk menurunkan resiko rawat inap akibat infeksi Corona, terutama akibat munculnya varian baru omicron

Melalui pemberian vaksin booster serta menerapkan protokol kesehatan lebih ketat, maka penyebaran Coronavirus Indonesia akan segera dapat dikendalikan.

Tujuan Vaksinasi Booster untuk Perekonomian Tanah Air

Telah umum kita ketahui bahwa pandemi Coronavirus telah memperlemah perekonomian di Indonesia. Dapat Anda dari meningkatnya pengangguran akibat PHK besar-besaran dari industri kecil, menengah, hingga besar.

Hampir tiap aspek kehidupan mengalami dampak dari pandemi Coronavirus, dari penurunan kualitas kesehatan hingga melemahnya ekonomi. Perlu adanya kerjasama yang baik antara masyarakat dan pemerintah untuk menanggulangi pandemi dengan tepat dan menyeluruh.

Seperti yang Satgas Penanganan Covid-19 sampaikan, melalui kebijakan pemberian vaksin booster, hal ini tidak hanya akan memberikan manfaat dari segi kesehatan saja, tapi juga sebagai bentuk penguatan pemulihan ekonomi negara.

Terlebih akhir-akhir ini telah muncul ribuan kasus dari varian baru omicron. Apabila tidak segera kita tangani maka dapat muncul gelombang baru yang berpotensi semakin mengancam kesehatan dan perekonomian di tanah air.

Setelah pemberian vaksin booster kepada seluruh masyarakat, maka setidaknya aktivitas sehari-hari jadi lebih fleksibel dengan tetap menerapkan prokes. Harapannya juga agar tidak perlu lagi menerapkan PPKM leveling agar masyarakat bisa lebih produktif.

Baca Juga: Ayo! Vaksinasi demi Imunitas Bersama! 

Cara Mendapatkan Vaksin Dosis Ke-3

Sejak Januari 2022 dan hingga saat ini pemberian vaksin booster masih terus berjalan dengan ketentuan berikut ini:

  1. Penerima dosis 1 & 2 AstraZeneca akan menerima setengah dosis Moderna.
  2. Penerima dosis 1 & 2 Sinovac akan menerima setengah dosis Pfizer atau AstraZeneca.

Untuk mengetahui layak atau tidaknya mendapatkan vaksinasi booster maka bisa Anda pastikan melalui aplikasi pedulilindungi. Masyarakat yang sudah berhak mendapatkan vaksinasi dosis ketiga, tiketnya akan muncul secara otomatis pada aplikasi tersebut.

Pemberian vaksinasi dapat Anda terima melalui fasilitas pelayanan kesehatan milik pemerintah seperti RSUD, RSUP, Puskesmas atau pos pelayanan vaksin yang berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan maupun fasilitas kesehatan swasta milik swasta yang terdaftar, seperti RS Bunda Group.

Masyarakat tidak perlu khawatir apabila mengalami efek samping pasca mendapatkan suntikan dosis ketiga. Gejala yang muncul memang sama seperti dosis sebelumnya, dengan efek yang lebih ringan dan bersifat sementara.

Efek samping umum yang mungkin Anda rasakan meliputi nyeri otot, demam, nyeri pada suntikan, sakit kepala serta kelelahan. Gejala tersebut merupakan respon alami yang menjadi pertanda baik bahwa kekebalan tubuh meningkat akibat reaksi terhadap vaksin.

Tahukah Anda, saat ini BMHS telah berhasil melakukan layanan vaksinasi booster Covid-19 bersama kementerian perdagangan? BMHS dipercaya ikut serta dalam program vaksinasi booster Covid-19 sebagai penyedia layanan vaksinasi untuk masyarakat.

Melalui partisipasi tersebut, BMHS dapat memberikan kemudahan bagi yang ingin mendapatkan vaksinasi dosis ketiga sehingga dapat menjangkau seluruh masyarakat dan penyebaran virus Covid-19 dapat segera diatasi.

Adanya kerja sama tersebut juga menunjukkan kepercayaan pemerintah terhadap tenaga medis BMHS yang kompeten dan dapat memegang amanah untuk turut serta dalam memerangi Covid-19. Kami sangat peduli terhadap kesehatan serta kesejahteraan seluruh penduduk tanah air.

Jadi, masyarakat tidak perlu khawatir dengan adanya himbauan untuk melakukan vaksinasi dosis ketiga. Dapatkan informasi lainnya seputar vaksin booster di situs resmi kami.

Baca Juga: Vaksin Covid, Membawa Harapan Atasi Virus

Vaksinasi 1 dan 2 akan melindungi Anda, namun Anda tetap membutuhkan vaksinasi booster untuk mempertahankan kesehatan tubuh secara maksimal. Reservasikan kunjungan Anda ke salah satu unit RS Bunda Group untuk mendapatkan dosis booster Anda. Jika ingin konsultasi lebih lanjut, Anda juga dapat mengunjungi dokter sesuai dengan jadwal dokter yang ada. Kunjungi juga laman informasi kami untuk menemukan pelayanan kesehatan lainnya.

Bagikan Artikel Ini: