RS Bunda Group

Berita & Artikel

Menangani Asma Akut dengan Baik dan Tepat

  • Beranda
  • Menangani Asma Akut dengan Baik dan Tepat
penanganan-asma-akut-rs-bunda-group

Terjadinya asma akut pada seseorang menjadi tanda adanya jalan napas yang menyempit sehingga napas menjadi sulit. Kondisi sesak napas ini bisa sembuh dengan sendirinya atau harus melalui pengobatan apabila kondisinya lebih parah. Segera hubungi IGD RS Bunda Group di 1-500-799 untuk penanganan profesional secepatnya.

Baca Juga: Ketahui Kelengkapan Fasilitas IGD RS Bunda Group

Dalam kondisi gangguan saluran napas, ada dua komponen utama di dalamnya, meliputi inflamasi saluran napas dan hiperaktivitas saluran napas. Kedua komponen tersebut berulang kali terjadi dan menjadi pertanda adanya gejala sesak hebat.

Gejala

Penderita sesak napas akan mengalami berbagai gejala berbeda, tergantung dari tingkat keparahannya. Namun, dalam hal ini kami bahas dulu gejala paling umum yang biasanya dialami, seperti:

  1. Batuk
  2. Mengi
  3. Sesak pada dada

Berbagai gejala tersebut biasanya bisa disembuhkan dengan mandiri tanpa bantuan medis, terutama jika Anda sudah punya obat asthma. Namun, jika kondisinya asma akut maka wajib melalui penanganan medis secara serius agar pengobatannya tepat.

Gejala yang Butuh Penanganan Segera

Untuk orang-orang yang mengidap sesak napas dengan gejala umum tentu bukan perkara sulit mengembalikan kondisi kesehatan penderita. Akan tetapi, untuk beberapa kasus, ada orang yang mengalami gejala lebih parah dan butuh penanganan medis. Waspadai beberapa tanda berikut dan datangi fasilitas kesehatan segera:

  1. Angka pada peak flow meter rendah dan semakin menurun
  2. Badan lesu, lemas, tidak bertenaga sama sekali selepas melakukan aktivitas fisik atau olahraga
  3. Terjadinya retraksi atau penegangan pada otot leher merupakan salah satu pertanda adanya asma akut pada seseorang
  4. Mudah marah atau lebih sering diam adalah salah satu gejala yang berhubungan dengan perubahan suasana hati
  5. Timbulnya berbagai gejala, seperti alergi berupa batuk, pilek, sakit tenggorokan, sakit kepala, hidung meler, dan sebagainya
  6. Timbulnya kantung gelap pada bagian bawah mata seperti mata panda
  7. Sering berdehem karena tidak nyaman

Jika mata sering terasa gatal dan berair ketika berbagai gejala tersebut terjadi secara terus menerus, segera periksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat. Konsultasikan pada dokter terkait kondisi Anda karena dokter akan lebih tahu penanganan apa yang paling ampuh.

Baca Juga: Medical Check Up Bronkoskopi untuk Paru-paru Anda 

Penanganan Awal

Sebelum mendatangi fasilitas kesehatan, Anda harus bisa melakukan pertolongan pertama ketika kondisi sesak napas terjadi. Langkah penanganan awal ini penting untuk mengantisipasi terjadinya sakit lebih parah dari sebelumnya.

Pada saat sesak napas menyerang, pastikan untuk mengikuti anjuran berikut:

  • Hentikan semua aktivitas, termasuk ketika sedang berolahraga kemudian istirahatkan tubuh sejenak
  • Jauhi tempat ramai karena terkadang sesak napas bersatu dengan tegang dan cemas melihat banyak orang sehingga otak tidak bisa berpikir jernih
  • Latih napas dengan bersikap tenang dan menciptakan afirmasi positif supaya kondisi asma akut tidak semakin parah
  • Gunakan obat-obatan darurat, jika Anda memiliki obat hisap, maka gunakan obat tersebut. Jika tidak ada, coba redakan dulu dengan minum air dingin
  • Hindari berbagai pemicu terjangkitnya sesak napas, seperti debu, bulu binatang, makanan, dan sebagainya
  • Minta pertolongan orang sekitar apabila merasa kondisi sudah cukup parah dan Anda tidak bisa menguasai diri sendiri terhadap serangan tersebut

Keenam cara penanganan awal tersebut menjadi kunci bagi tim medis melakukan penanganan lanjutan apabila diperlukan. Beberapa penderita bisa mengalaminya sesak nafas untuk waktu tertentu saja, tetapi penderita lainnya justru berlanjut menjadi asma akut karena berbagai alasan.

Hal tersebut bisa terjadi karena faktor keturunan, alergi, atau juga memang kondisi kesehatan yang tidak terjaga baik.

Fakta Asma Akut

Sesak napas atau asma merupakan kondisi yang nyaris semua orang tahu, yakni ditandai dengan kesulitan bernapas dari seseorang akibat ada kelainan pada jalan napas. Faktanya, ada beberapa jenis asthma, yaitu asma berat, parah, dan juga tingkat akut.

Jenis gejala berat harus ditangani dengan bantuan medis melalui pemberian obat-obatan tertentu serta tindakan tepat untuk mengatasi asma berat. Penyebab asthma berat salah satunya bisa dari sistem kekebalan tubuh yang tidak bagus.

Ketika seseorang mengalami gejala sesak napas parah, umumnya akan mengalami kesulitan untuk tidur karena sesak napas terus melanda. Penderita sesak napas harus melakukan kebiasaan khusus untuk mengatur jalan napas yang sempit dan sesak menjadi cukup lancar sehingga tidur nyaman.

Yang paling penting dari semua penanganan yang dilakukan adalah menjalankan pola hidup sehat. Penanganan ini perlu dilakukan secara berkelanjutan, sehingga berdampak besar terhadap kondisi kesehatan dalam jangka waktu panjang.

Baca Juga: Panduan Pertolongan Pertama Korban Kecelakaan

Solusi untuk Anda yang terkena serangan dadakan pada saluran napas, segera hubungi fasilitas medis dan minta diantar ke IGD RS Bunda terdekat. Medis akan melakukan pengobatan lebih lanjut pada para penderita asma akut di rumah sakit. Untuk perawatan lebih lanjut, reservasikan penanganan dengan dokter dari jadwal yang tersedia. Kunjungi juga laman informasi untuk layanan kesehatan lainnya.

Bagikan Artikel Ini: