RS Bunda Group

Berita & Artikel

Medical Check Up Bronkoskopi untuk Paru-paru Anda 

  • Beranda
  • Medical Check Up Bronkoskopi untuk Paru-paru Anda 
medical-check-up-bronkoskopi-rs-bunda-group

Prosedur bronkoskopi merupakan prosedur pemeriksaan saluran pernapasan dengan alat bernama bronkoskop melalui tenggorokan lalu ke laring, trakea, dan ke bronkus. Tindakan ini dilakukan salah satunya sebagai tindakan biopsi, yaitu pengambilan sampel jaringan tertentu. Reservasikan konsultasi Anda ke RSU Bunda Margonda untuk informasi lebih lanjut.

Baca Juga: Medical Check Up Berkala untuk Kesehatan Anda

Selain pengambilan sampel, tindakan tersebut juga dilakukan sebagai upaya pengobatan serta mendiagnosis sebuah penyakit. Informasi lengkap mengenai tindakan medis ini dapat dilihat dari penjelasan berikut!

Prosedur dari Pelaksanaan Bronkoskopi

Melalui alat bronkoskop, petugas kesehatan akan lebih dimudahkan dalam melihat kondisi saluran pernapasan pasien. Penglihatan petugas atau dokter akan dibantu dengan kamera pada alat bronkoskop yang menerangi jalan dari mulai masuk alat melalui mulut maupun hidung.

Terdapat dua jenis alat bronkoskop untuk melakukan tindakan bronkoskopi, diantaranya alat kaku dan alat lentur. Untuk alat kaku bisa dilakukan kepada pasien dengan kondisi batuk banyak darah dan terlebih dahulu akan melalui pembiusan total.

Sementara itu kepada pasien dengan gejala lebih ringan dari itu akan dikenakan bius lokal dan dimasuki dengan alat lentur. Untuk pemasukan alat lentur memang akan terasa sedikit mengganggu, namun tidak sampai membahayakan atau melukai pasien.

Prosedur medis ini bisa dilakukan kepada semua pasien, termasuk pasien yang menggunakan selang makan. Pada beberapa rumah sakit, prosedur pemeriksaan ini bisa dilakukan sekaligus melalui CT Scan, yakni dengan mengarahkan alat pemeriksaan pada area dada.

Tujuan Pelaksanaan Prosedur Pemeriksaan Saluran Napas

Kemajuan dalam dunia medis berupa pemeriksaan bronkoskopi ini membantu dokter dalam menangani pasien secara tepat. Adapun tujuan dari pelaksanaan prosedur adalah:

  1. Melakukan diagnosa permasalahan pada paru-paru secara akurat.
  2. Mengidentifikasi permasalahan yang terjadi pada paru-paru, seperti terjangkitnya TBC, pneumonia, serta terjangkitnya infeksi jamur serta bakteri pada paru-paru.
  3. Melakukan biopsi jaringan pada paru-paru.
  4. Mengeluarkan berbagai elemen mengganggu dari saluran napas, seperti halnya tumor, lendir, benda asing, maupun halangan lainnya.
  5. Menempatkan selang kecil untuk membantu membuka jalan napas.
  6. Mengobati terjadinya permasalahan pada paru-paru, seperti penyempitan saluran napas, pendarahan, serta pneumotoraks.

Prosedur bronkoskopi merupakan tindakan yang dilakukan untuk memeriksa saluran napas secara detail. Dimulai dari kotak suara, trakea, saluran udara besar, paru-paru, serta pada saluran udara yang lebih kecil.

Tiga Tahapan Penting Sebelum Melakukan Bronkoskopi

Dilakukannya prosedur ini meliputi tiga tahapan utama, yakni sebelum, saat pelaksanaan, dan juga setelah pelaksanaan.

1.    Persiapan Sebelum Tindakan

Untuk detail penjelasan tentang persiapan sebelum pelaksanaan, bisa melihat beberapa hal berikut:

  1. Berpuasa dari makan dan minum minimal selama 6 jam sebelum dilakukannya tindakan.
  2. Menggunakan pakaian rumah sakit yang sudah disediakan.
  3. Melepas semua perhiasan, termasuk benda logam dari tubuh.
  4. Pemberian obat penenang oleh dokter untuk relaksasi pasien sebelum tindakan dimulai.
  5. Pemberian obat bius atau anestesi melalui dua cara, pertama disemprot ke tenggorokan, kedua dioleskan ke hidung.

Semua prosedur di atas dilakukan sesuai aturan dari rumah sakit bersangkutan. Sebelum diberikan anestesi dan obat penenang, Anda akan diminta memposisikan duduk sesuai arahan dokter agar tindakan bronkoskopi berjalan lancar.

Baca Juga: Layanan Medical Check Up RSU Bunda Padang untuk Kesehatan Anda

2.    Prosedur Saat Tindakan Medis

Masuk ke tahapan pemeriksaan menggunakan alat bronkoskop, pasien akan melalui berbagai prosedur sebagai berikut:

  1. Anda akan tetap dibuat sadar dengan pemberian bius lokal pada beberapa area.
  2. Dokter memasukkan alat bronkoskop melalui hidung maupun mulut lalu berlanjut ke tenggorokan.
  3. Setelah alat masuk, dokter akan memantau pergerakan alat ke organ pernapasan Anda melalui monitor.
  4. Pengambilan sampel jaringan menggunakan alat seiring dengan diangkatkan alat dari tubuh kemudian sampel tersebut akan diperiksa di laboratorium rumah sakit.

Tindakan bronkoskopi dilakukan dalam kondisi sadar setelah Anda mendapatkan dosis bius pada area tertentu untuk meminimalisir sensasi sentuhan peralatan medis yang digunakan.

3.    Prosedur Setelah Tindakan Medis

Setelah prosedur persiapan dan tahap pelaksanaan, Anda juga diharuskan menaati prosedur pasca pengobatan. Adapun berbagai hal penting setelah dilakukannya tindakan adalah:

  1. Selepas alat diangkat dari tubuh, dokter akan memantau kondisi kesehatan Anda dalam waktu beberapa jam ke depan.
  2. Jika dari tubuh diangkat jaringan spesimen maka rontgen dada akan dilakukan sesuai anjuran dokter.
  3. Dokter tidak akan mengizinkan pasien makan maupun minum sampai efek obat bius hilang total.
  4. Pemulangan pasien bisa dilakukan pada hari yang sama dengan tindakan apabila tidak ada keluhan lanjutan.

Pasien dengan gejala lain setelah melakukan tindakan bronkoskopi bisa saja tinggal lebih lama di rumah sakit. Keputusan pemulangan atau tetap menginap di rumah sakit bergantung dari pemeriksaan dokter yang bersangkutan.

Jika dilakukan secara hati-hati dan kondisi pasien juga tidak begitu parah maka komplikasi minim bahkan tidak akan terjadi. Jika terjadi komplikasi, biasanya tidak jauh dari kondisi pendarahan, paru-paru robek, dan demam.

Prosedur pemeriksaan bronkus akan membutuhkan waktu beberapa hari. Anda mungkin akan diminta datang kembali ke rumah sakit untuk mengambil hasil pemeriksaan bronkoskopi yang dilakukan pada beberapa hari ke belakang untuk mengetahui detail penyakit dan apa pengobatannya.

Baca Juga: Apa itu Medical Body Composition Analyzer? Ini Manfaatnya untuk Tubuh!

Bronkoskopi adalah salah satu pemeriksaan medis yang jarang diketahui secara umum. Jika Anda masih ragu, Anda dapat mereservasikan sesi konsultasi di RSU Bunda Margonda sesuai dengan jadwal dokter spesialis paru untuk informasi lebih lanjut. Kunjungi juga laman informasi untuk layanan kesehatan selengkapnya.

Bagikan Artikel Ini: