RS Bunda Group

Berita & Artikel

Angioplasti: Penyelamat Penyempitan Jantung

  • Beranda
  • Angioplasti: Penyelamat Penyempitan Jantung
angioplasti-penyelamat-penyempitan-jantung-rs-bunda-group

Angioplasti, juga dikenal sebagai angioplasti balon dan angioplasti transluminal perkutan, adalah prosedur endovaskular yang minimal invasi. Prosedur ini digunakan untuk memperlebar arteri atau vena yang menyempit atau tersumbat, biasanya untuk mengobati aterosklerosis arteri. Prosedur angioplasti saat ini sudah menjadi pengobatan standar untuk penyumbatan atau penyempitan arteri jantung, menggantikan bedah bypass atau bedah konvensional lainnya.

Baca Juga: Mengenal 3 Jenis Operasi Bedah Jantung di Bunda Heart Centre

Prosedur angioplasti dilakukan dengan memasukkan kateter, suatu alat seperti selang tipis yang lentur, ke dalam pembuluh darah  koroner, melalui kateter itu juga dimasukkan stent atau ring jantung, suatu tabung kawat kecil berjaring, dengan menggelembungkan balon kecil di bagian pembuluh darah yang tersumbat untuk membantu melancarkan pembuluh darah salurannya.

Tindakan ini membutuhkan keahlian dan fokus mendetail sehingga hanya dilakukan oleh tenaga medis yang ahli dan telah berpengalaman seperti dokter Bunda Heart Center di RSU Bunda Jakarta. Reservasikan kunjungan Anda untuk konsultasi dan informasi lebih lanjut.

Sebagian jenis stent ini dilapisi obat-obatan, drug eluting stent atau DES, yang akan membantu menjaga aliran darah dalam pembuluh darah tetap lancar, tanpa ada penyempitan baru di tempat yang sama. Pemasangan stent bertujuan membuka dinding pembuluh darah dan mencegahnya kembali menyempit.

Angioplasti berperan mengatasi gangguan kesehatan berikut, seperti:

Aterosklerosis

Suatu keadaan terjadinya pengerasan dinding pembuluh darah yang terjadi akibat penumpukan plak. Plak merupakan campuran yang berisi kalsium, kolesterol, komponen penyebab kekentalan darah, dan lemak darah.

Serangan jantung

Kondisi  gawat darurat jantung, dimana terjadi aliran darah mendadak berhenti karena ada plak yang robek, menyebabkan penyumbatan mendadak pembuluh darah koroner.

Prosedur Angioplasti

Dengan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang sebagai pertimbangan dokter, pasien akan menjalani angiogram koroner untuk mengetahui lokasi tepatnya penyempitan pembuluh darah tersebut. Pemeriksaan ini juga untuk mengetahui secara pasti bahwa penyempitan atau penyumbatan yang terjadi dapat ditangani dengan angioplasti.

Angioplasti dilakukan melalui kateterisasi jantung, dengan membuat sayatan kecil pada kulit tungkai, lengan atau pergelangan tangan. Kateter kecil akan masuk ke dalam pembuluh darah menuju pembuluh darah jantung yang tersumbat atau menyempit. Balon di ujung kateter akan digembungkan dan dikempiskan beberapa kali pada pembuluh darah, sampai dinding pembuluh benar-benar mengembang dan kateter dikeluarkan. Nyeri dada bisa terjadi selama proses angioplasti karena saat balon dikembangkan, aliran darah ke jantung sedikit terhambat.

Selama menjalani prosedur, pasien akan dibius lokal dan alat rekam jantung akan memonitor denyut jantung pasien.

Baca Juga: Cek Kesehatan Jantung dengan CT Calcium Score di Bunda Heart Center

Peringatan Sebelum Prosedur

Setelah proses angioplasti selesai, jantung pasien akan dipantau di rumah sakit selama beberapa waktu. Prosedur ini tidak dapat dilakukan pada semua orang yang mengalami sakit jantung. Beberapa orang yang mengalami kondisi berikut disarankan untuk tidak menjalani angioplasti:

  • Penyempitan terjadi pada pembuluh darah utama yang membawa darah ke jantung kiri.
  • Otot jantung lemah.
  • Menderita lebih dari satu penyakit yang menyerang pembuluh darah.
  • Menderita diabetes.
  • Terdapat lebih dari satu penyumbatan pembuluh darah.

Baca Juga: Tes Kesehatan Jantung Anda dengan Teliti di Bunda Heart Center

Penyempitan jantung merupakan salah satu gangguan kesehatan yang harus ditangani. Jika Anda mulai merasakan gejala yang tidak biasa pada jantung Anda, segera reservasi pemeriksaan diri ke Bunda Heart Center di RSU Bunda Jakarta. Demi menemukan waktu reservasi terbaik, ketahui jadwal dokter di unit-unit RS Bunda Group sekitar Anda. Anda juga dapat mengunjungi laman informasi kami untuk menemukan layanan-layanan kesehatan lainnya.

Bagikan Artikel Ini: