...

RS Bunda Group

Berita & Artikel

Cek Kesehatan Jantung dengan CT Calcium Score di Bunda Heart Center

  • Beranda
  • Cek Kesehatan Jantung dengan CT Calcium Score di Bunda Heart Center
cek-kesehatan-jantung-dengan-ct-calcium-score-di-bunda-heart-center-rs-bunda-group

CT calcium score adalah pemeriksaan nilai kalsium yang terdapat pada pembuluh darah dalam jantung melalui CT Scan. CT Calcium score ditujukan untuk mendapatkan informasi mengenai keberadaan, kadar, serta lokasi plak (penumpukkan lemak dan zat inflamasi) arteri koroner. Nilai kalsium akan menjadi indikator seberapa banyak sumbatan di pembuluh darah koroner jantung pada seorang pasien.

Baca Juga: Mengenal 3 Jenis Operasi Bedah Jantung di Bunda Heart Centre

Nilai kadar kalsium menentukan besaran risiko seseorang terkena serangan jantung. Semakin besar plak maka akan semakin banyak kadar kalsium dalam darahnya. Karenanya, CT Calcium score perlu diperiksa sesekali untuk mewaspadai potensi masalah kesehatan Anda.

Siapa yang Harus Melakukan Pemeriksaan CT Calcium Score

Pemeriksaan kesehatan jantung dapat dilakukan oleh pria begitu menginjak usia 40 tahun., dan 50 tahun ke atas bagi wanita. Pemeriksaan seperti ini juga perlu dilakukan pada orang perokok dan memiliki riwayat kolesterol, trigliserida, asam urat, diabetes, obesitas, dan juga hipertensi karena berisiko mengidap penyakit jantung koroner. 

Risiko Melakukan CT-Scan

Pemeriksaan dilakukan dengan CT-Scan yang memungkinkan pasien terpapar radiasi. Penggunaannya hanya dapat dilakukan oleh ahli dan dengan sangat hati-hati karena berisiko mengganggu kondisi kesehatan yang mempengaruhi hasil pemeriksaan.

Pemeriksaan CT-Scan menggunakan radiasi dengan tingkat yang lebih tinggi dari sinar-X biasa. Pada dosis tinggi atau jangka pemakaian yang lama dapat meningkatkan risiko penyakit kanker dan dapat membahayakan janin pada Bunda hamil. Karenanya penggunaan CT-Scan tidak dianjurkan bagi pria dengan usia di bawah 40 tahun dan kurang dari 50 tahun bagi wanita. 

Manfaat Melakukan Pemeriksaan Skor Kalsium

Sebagai salah satu metode deteksi kesehatan jantung, pemeriksaan skor kalsium memiliki banyak manfaat. Berikut adalah beberapa manfaat dari CT Calcium Score:

Baca Juga: Angioplasti: Penyelamat Penyempitan Jantung

  1. Mengevaluasi potensi kesembuhan penyakit jantung koroner (PJK). Skor kalsium 100-400 lebih berisiko 4x lipat dibanding 0, skor 400-1000 7x lipat dan lebih dari 1000 berisiko 10x lipat.
  2. Sebagai indikator prediksi masalah jantung. Nilai kalsium yang didapat merupakan indikator yang berguna untuk melihat seberapa banyak plak di pembuluh darah jantung dan seberapa besar risiko seseorang terkena serangan jantung. CT-Calcium scoring sangat bermanfaat untuk mendeteksi dini penyempitan atau sumbatan pembuluh darah jantung. 
  3. Menjaga kesehatan secara berkala supaya tubuh tetap prima meski usia bertambah. Pemeriksaan dapat dilakukan dengan konsultasi terlebih dahulu sehingga dapat diketahui record kesehatan sebelumnya untuk dibandingkan.
  4. Menentukan pengobatan paling tepat sedini mungkin. Sebab risiko dapat terjadi pada siapa saja tanpa mengenal usia, terutama jika Anda memiliki riwayat genetik.

Perbedaan CT Calcium Score dengan CT Coronary Angiogram

CT Calcium Score berbeda dengan CT Coronary Angiogram. CT Calcium Score bertujuan untuk mengetahui jumlah dan kadar kalsium, terutama yang menempel pada lemak dan terdapat pada pembuluh darah jantung. Sementara itu, CT Coronary Angiogram bertujuan untuk mengukur aliran darah yang beredar ke arah arteri koroner. 

CT Coronary angiogram tidak menggunakan radiasi dari sinar-X dosis tertentu, melainkan injeksi pewarna dari iodine ke dalam pembuluh vena dan diterapkan pada pasien berpotensi PJK (penyakit jantung koroner). 

Baca Juga: Tes Kesehatan Jantung Anda dengan Teliti di Bunda Heart Center

Karena berhubungan langsung dengan kesehatan jantung, penting untuk melakukan pemeriksaan CT Calcium Score secara berkala. Ketahui jadwal dokter di unit-unit RS Bunda Group sekitar Anda dan reservasi kunjungan Anda di sini. Demi kemudahan Anda dan keluarga, kunjungi juga laman informasi kami untuk mendapatkan layanan-layanan RS Bunda Group.

Bagikan Artikel Ini: