RS Bunda Group

Berita & Artikel

Mengenal 3 Jenis Operasi Bedah Jantung di Bunda Heart Center

  • Beranda
  • Mengenal 3 Jenis Operasi Bedah Jantung di Bunda Heart Center

Jantung adalah salah satu organ paling vital dalam tubuh, sehingga prosedur operasi bedah jantung merupakan salah satu prosedur yang memerlukan tenaga medis serta fasilitas yang sangat memadai untuk menjamin keberhasilannya.

Baca Juga: Cek Kesehatan Jantung dengan CT Calcium Score di Bunda Heart Center

Jantung memiliki fungsi memompa darah ke seluruh tubuh, sehingga nutrisi serta oksigen yang dibawa oleh darah dapat tersalurkan ke semua organ. Kerusakan hingga kegagalan fungsi organ ini bisa menyebabkan berbagai penyakit hingga kematian. Mulai dari serangan jantung, coronary heart disease, aritmia, kardiomiopati, dan beberapa kondisi lainnya.

BMHS (Bundamedik Healthcare System) melalui unit layanan Bunda Heart Centre menyediakan 3 jenis Prosedur bedah jantung untuk menangani pasien, antara lain coronary artery bypass graft surgeryvalve repair or replacement surgery, dan operasi kelainan jantung bawaan. Berikut ini merupakan penjelasan lengkap akan 3 jenis operasi jantung tersebut

Baca Juga: Tes Kesehatan Jantung Anda dengan Teliti di Bunda Heart Center

1. Operasi Bedah Jantung Coronary Artery Bypass Graft (CABG)

Arteri koroner adalah salah satu bagian penting yang bisa tersumbat atau terjadi penyempitan. Jika pembuluh tersebut tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya, maka diperlukan pencangkokan dari pembuluh darah pada bagian tubuh lain. Oleh karena itu, prosedur bedah ini juga disebut dengan operasi pintas pembuluh darah untuk mengatasi penyumbatan pada pembuluh darah lama yang membuat aliran darah menjadi tidak lancar dan memicu banyak gangguan pada organ lainnya. Operasi pintas pembuluh darah dilakukan dengan cara membuat aliran pembuluh darah baru. Prosedur coronary artery bypass graft surgery dilakukan pada pasien penderita penyakit coronary heart disease.

Prosedur operasi pintas pembuluh darah ini biasanya direkomendasikan bagi penderita penyakit jantung koroner dengan penyempitan pembuluh darah lebih dari satu sehingga kerja bilik kiri jantung terganggu. Selain itu, kondisi penyumbatan pembuluh darah arteri yang tidak bisa ditangani dengan prosedur pelebaran lumen juga disarankan untuk melakukan pembedahan jenis ini. Prosedur pada lansia biasanya memiliki risiko pascaoperasi lebih besar.

2. Operasi Bedah Jantung Valve Repair or Replacement

Jenis Prosedur bedah pada organ jantung lainnya adalah valve repair or replacement surgery atau operasi perbaikan/penggantian katup jantung. Jantung terbagi atas 4 ruang dengan katup-katup pembatas yang harus tertutup rapat.

Katup (valve) tersebut berfungsi agar aliran darah terjadi secara satu arah. Jika terjadi kebocoran pada katup, maka akan mengakibatkan aliran darah bolak-balik, sehingga aliran darah tidak berjalan sebagaimana mestinya. Penyakit katup jantung terjadi jika terdapat kerusakan fungsi karena tidak bisa menutup atau membuka secara sempurna, yang menyebabkan aliran darah menjadi terganggu. Untuk mengatasinya, diperlukan perbaikan atau penggantian katup lewat tindakan operasi.

3. Operasi Bedah Kelainan Jantung Bawaan

Gangguan jantung ini ada banyak jenisnya, salah satunya yaitu penyakit jantung bawaan (PJB). Sesuai dengan namanya, PJB adalah kelainan yang telah ada sejak lahir. Kondisi PJB menyebabkan gangguan pada aliran darah. Gangguan aliran tersebut tentunya bisa berakibat fatal sehingga harus mendapat penanganan secara intensif sejak dini. Kondisi ini menimbulkan efek yang beragam, sehingga penanganannya juga perlu disesuaikan dengan keadaan.

Jantung bertugas memompa darah dari dan ke seluruh tubuh. Ada aliran darah kotor dan bersih yang menempati ruang jantung secara terpisah. Apabila terjadi kebocoran tentunya dapat menyebabkan pencampuran aliran tersebut. Hal ini menimbulkan dampak fatal bagi jantung dan tubuh. Sebagian kasus PJB hanya memerlukan pemantauan secara rutin, sedangkan pada beberapa kasus lainnya diperlukan prosedur operasi atau bahkan transplantasi.

Baca Juga: Angioplasti: Penyelamat Penyempitan Jantung

Semua bentuk gangguan jantung tersebut perlu mendapat penanganan maksimal, termasuk operasi. Melalui Bunda Heart Centre di RSU Bunda Jakarta, Anda bisa mengakses layanan prosedur operasi bedah jantung maksimal agar segera sembuh. Ketahui jadwal dokter di unit-unit RS Bunda Group sekitar Anda dan reservasi kunjungan Anda di sini. Kunjungi juga laman informasi kami untuk menemukan layanan-layanan kesehatan lainnya.

Bagikan Artikel Ini: