...

RS Bunda Group

Berita & Artikel

Pemeriksaan HSG RSU Bunda Padang untuk Kesehatan Reproduksi Wanita

  • Beranda
  • Pemeriksaan HSG RSU Bunda Padang untuk Kesehatan Reproduksi Wanita
pemeriksaan-hsg-rs-bunda-group

Apakah Anda tahu apa itu pemeriksaan HSG? Ini merupakan salah satu pemeriksaan wajib bagi seorang wanita untuk mengecek kesehatan reproduksi. Biasanya wajib untuk wanita yang sudah menikah demi melihat tingkat kesuburan.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Tes AMH untuk Mendukung Program Kehamilan

Pemeriksaan ini penting dilakukan, tapi masih banyak yang mengabaikannya karena pengetahuan minim mengenai pemeriksaan hysterosalpingografi, uterosalpingografi, atau sinar X.

Bagi Anda yang masih asing atau sama sekali tidak tahu mengenai manfaat pengecekan sinar x ini, berikut penjelasan singkat mengenai apa itu pengecekan HSG, kapan Anda perlu melakukannya, dan tujuannya.

Mengenal Pemeriksaan HSG

Pertama-tama mari berkenalan dengan pengecekan HSG atau histerosalpingografi. HSG adalah sebuah pengecekan kesehatan menggunakan sinar x dengan memakai cairan kontras yang ke tuba fallopi (saluran telur) dan rongga rahim.

Bisanya pemeriksaan ini untuk mengetahui masaah wanita yang mengalami masalah infertilitas atau sulit mendapatkan keturunan. Pengecekan ini dapat melihat apakah terjadi penyumbatan pada bagian saluran tuba falopi. Jika terjadi penyumbatan, apakah sebagian atau menyeluruh. 

Bagi Anda yang tengah merencanakan kehamilan, pemeriksaan HSG ini perlu dilakukan untuk melihat apakah ada masalah kesuburan, seperti apakah bagian rahim berbentuk normal atau tidak. 

Proses akan berjalan setelah perencanaan terlebih dahulu dilakukan, yaitu dengan memastikan waktu terbaik dan menjadwalkannya. Biasanya calon pasien akan melakukan konsultasi terlebih dahulu sebelum menentukan waktu pelaksanaan.

Hal ini perlu dilakukan agar memastikan kesiapan pihak medis dan pasien. Dengan demikian, pemeriksaan HSG dapat berjalan dengan akurat untuk hasil yang maksimal.

Tujuan Pemeriksaan

Ada beberapa tujuan dilakukannya pemeriksaan histerosalpingografi ini, yaitu sebagai berikut:

1. Mengecek Saluran Telur

Tujuan utama adalah untuk melakukan pengecekan apakah ada sumbatan di saluran telur atau tidak. Sumbatan ini dapat menjadi penyebab infertilitas seorang wanita dan membuat kesulitan hamil.

2. Mengecek Bentuk Rongga Rahim

Pemeriksaan HSG juga memiliki fungsi pengecekan rongga rahim, apakah bentuk, ukuran, dan strukturnya normal. Apabila ditemukan kelainan dapat segera dilakukan observasi dan perawatan untuk masalah tersebut.

3. Mendeteksi Kelainan

Tujuan lainnya adalah untuk mendeteksi beberapa kelainan pada rahim, seperti keberadaan tumor jinak, polip, perlengketan, atau kelainan bawaan rongga seperti adanya sekat atau septum.

4. Melakukan Pemeriksaan untuk Mengetahui Penyebab Keguguran

Pemeriksaan HSG juga berfungsi untuk pengecekan terhadap penyebab keguguran berulang pada seorang wanita. Namun, ini hanya untuk kasus yang mana seorang wanita mengalami keguguran setidaknya 2 kali.

Waktu Terbaik untuk Pemeriksaan HSG

Ketika Anda mengalami masalah kehamilan, seperti mengalami kesulitan untuk hamil atau kesulitan mempertahankan janin (keguguran berulang), maka kami rekomendasikan untuk melakukan pengecekan.

Untuk waktu terbaik melakukannya adalah sesudah masa haid selesai, tapi sebelum ovulasi. Jadi, sebaiknya lakukan pada hari ke-9 atau ke-10 sesudah masa haid selesai. Pemeriksaan HSG adalah tindakan medis yang tidak dapat pasien lakukan saat haid. 

Alasannya saat haid tubuh mengalami perubahan, yaitu pembuluh darah sedang dalam keadaan terbuka. Dikhawatirkan terjadi penyumbatan di pembuluh darah yang membuat hasil pemeriksaan tidak akurat.

HSG sebaiknya dilakukan di saat Anda sehat, apabila tengah mengalami infeksi di saluran reproduksi atau baru saja menjalani operasi rahim, maka sebaiknya tidak dilakukan. Bagi penderita penyakit menular seksual juga direkomendasikan tidak melakukan HSG.

Baca Juga: Penyebab Kelahiran Prematur: Waspadai Tiap Faktornya!

Persiapan Sebelum Melakukan Pemeriksaan 

Sebelum menjalani prosedur HSG, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan. Caranya dengan datang ke klinik atau rumah sakit ibu dan anak untuk mendapatkan layanan dari profesional. Anda butuh melakukan persiapan seperti:

1. Infokan pada Dokter Apabila Ada Alergi Obat Tertentu

Sebelum melakukan tes HSG harus melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis kandungan. Dalam konsultasi tersebut, Anda harus menginfokan mengenai jenis-jenis obat yang menyebabkan alergi.

Karena tindakan pengecekan kesuburan ini mungkin akan menggunakan jenis obat tertentu sehingga perlu informasi mendetail dari pasien. Hal ini penting agar tidak terjadi efek samping dari obat yang merugikan Anda.

2. Pastikan Meminum Obat Pereda Nyeri

Sebaiknya Anda mengkonsumsi obat seperti ibuprofen sebelum pemeriksaan HSG untuk meredakan nyeri yang mungkin terjadi sebelum prosedur dilaksanakan. 

Sebab prosedur akan menimbulkan rasa sakit atau kram dan obat pereda rasa sakit akan membantu meredakan hal tersebut. Jenis obat ini juga akan bantu mengistirahatkan rahim.

3. Persiapkan Pembalut

Anda mungkin juga akan mengalami keputihan setelah prosedur. Bukan hanya cairan keputihan yang lengket, tapi juga ada kemungkinan bercampur dengan darah. Namun, jangan panik karena ini hanya bersifat sementara setelah prosedur saja.

Sebelum melakukan prosedur HSG pastikan Anda memilih klinik atau rumah sakit terbaik yang memberikan layanan untuk ibu dan anak, seperti RSU Bunda Padang. Dengan demikian, prosedur ini jelas aman dan profesional.

Baca Juga: 12 Gerakan Senam Hamil di Rumah yang Mudah Dipraktikkan

Bagi Anda yang ingin melakukan prosedur ini, Anda dapat mereservasikan kunjungan Anda ke unit RS Bunda Group terdekat. Anda juga dapat mengkonsultasikan pemeriksaan ini dengan ahli pilihan sesuai jadwal dokter yang tersedia. Kunjungi juga laman informasi kami untuk layanan kesehatan lainnya.

Bagikan Artikel Ini: