...

RS Bunda Group

Berita & Artikel

Mengenal Apa itu Onkologi dan Peranannya Menangani Kanker

  • Beranda
  • Mengenal Apa itu Onkologi dan Peranannya Menangani Kanker
apa-itu-onkologi-rs-bunda-group

Jawaban mengenai pertanyaan apa itu onkologi akan dipahami jelas ketika Anda membaca tuntas artikel ini. Sederhananya, onkologi merupakan bidang ilmu kedokteran yang berfokus pada penyakit kanker. Di dalamnya terbagi lagi menjadi beberapa subspesialisasi.

Baca Juga: RSM Oncology untuk Penyintas Kanker

Dokter khusus yang menangani kanker disebut sebagai dokter onkolog. Adapun subspesialisasi dari onkologi adalah radiasi, ginekologi, bedah, hematologi, dan medis. Ada juga bidang yang khusus untuk anak. Reservasikan konsultasi Anda ke RSM Oncology untuk informasi lebih lanjut.

Jenis-jenis Onkologi yang Perlu Diketahui

Jenis-jenis oncology berdasarkan pengobatannya, sedikitnya sudah disinggung dalam pembahasan subspesialisasi. Sederhananya, ada tiga jenis bidang oncology berdasarkan cara pengobatan, diantaranya:

Baca Juga: RSU Bunda Jakarta Bantu Kanker Prostat Melalui CISC

1.    Bedah Onkologi

Ahli bedah onkologi adalah mereka yang memiliki kemampuan dan spesialisasi khusus untuk melakukan tindakan operasi bagi para penderita kanker. Ahli bedah oncologi merupakan salah satu tenaga medis yang dibutuhkan seluruh dunia untuk menyembuhkan kanker.

Sebagai penyebab kematian nomor dua, institusi pendidikan harus sudah mulai mengedukasikan apa itu onkologi dan memperbanyak ahlinya agar semakin banyak orang terselamatkan.

2.    Spesialis Onkologi

Spesialis onkologi terbagi ke dalam tiga jenis supspesialisasi, diantaranya:

1. Onkologi bedah

Tenaga medis khusus yang memiliki kemampuan untuk melakukan tindakan di meja operasi.

2.    Onkologi Radiasi

Tenaga medis dengan kemampuan khusus untuk melakukan pengobatan kanker dengan radiasi.

3.    Onkologi Medis

Memiliki peranan untuk melakukan penanganan dan pengobatan pada pasien kanker, mulai dari berobat sampai dengan kemoterapi dan masa pemulihannya.

3.    Dokter Onkologi

Seperti pada spesialis lainnya, dokter bidang ini juga terbagi lagi menjadi beberapa jenis fokus, seperti:

  1. Khusus anak, artinya dokter tersebut memiliki kemampuan untuk memeriksa dan menangani kanker pada anak-anak.
  2. Khusus ginekologi, biasanya menjawab pertanyaan apa itu onkologi kepada para penderita kanker pada area saluran lahir, seperti rahim, serviks, ovarium, dan lainnya.
  3. Oncology hematology, dimana dokter memiliki kemampuan untuk melakukan deteksi kanker pada jaringan darah. Myeloma, limfoma, dan leukemia adalah contoh penyakit yang menyerang saluran darah pada para penderita kanker.

Gejala tepat penderita kanker disesuaikan dengan lokasi kankernya. Contohnya ketika kanker menyerang tulang maka tubuh akan kesulitan berdiri maupun duduk karena penyangga tubuhnya tidak sehat. Kebanyakan orang hanya bisa tiduran saja di atas kasur.

Baca Juga: Gejala, Pengobatan, dan Penyebab Kanker Pankreas

4.    Radiasi Onkologi

Onkologi radiasi merupakan dokter dengan kemampuan khusus untuk memberikan penanganan kepada pasien dengan prosedur radiasi. Biasanya tindakan radiasi ini hanya bisa dilakukan kepada pasien dengan gejala kanker stadium awal atau belum begitu parah.

5.    Hematologi Onkologi

Hematology onkologi adalah sebuah kondisi dimana tubuh terserang kanker pada jaringan darah. Berbagai jenis penyakit yang bisa diindikasikan dari pasien adalah myeloma, limfoma, dan juga leukemia.

Seorang ahli dalam bidang hematologi disebut sebagai hematolog, fokusnya untuk mempelajari seluruh struktur darah pada tubuh manusia.

Peran Penting Ahli Onkologi

Peranan penting bidang ini dalam dunia medis adalah sebagai pendeteksi, pencegah, peringan gejala, dan juga pengobatan tepat untuk para penderita. Untuk informasi lebih jelas terkait onkologi dan seperti apa peranannya, berikut pembahasan dari kami:

1.    Deteksi Dini Tingkat Stadium Kanker

Dokter ahli akan melakukan diagnosis pada pasien untuk mengetahui separah apa kanker yang menyerang tubuh pasien. Dari pemeriksaan berupa diagnosa stadium kanker ini dapat menentukan langkah tepat selanjutnya yang akan dilakukan dokter kepada pasien.

Ada beberapa tindakan yang dilakukan berkaitan dengan tindakan mendiagnosis kanker, seperti tes urine, tes pencitraan, tes darah, biopsi, dan juga pemeriksaan fisik. Semua dilakukan menggunakan alat-alat steril sehingga tidak ada kontaminasi dengan pasien lain.

2.    Pengobatan Tepat untuk Pasien

Sampai saat ini untuk pengobatan kanker, belum ada obat khusus yang bisa diminum. Namun, dunia medis akan menyarankan operasi, kemoterapi, terapi radiasi, terapi imun, terapi hormon, dan juga terapi target

Baca Juga: Terapi Kanker dengan Pemasangan Chemoport

Untuk meminimalkan efek samping yang dirasakan tubuh, maka pertanyaan apa itu onkologi dapat juga dijawab sebagai pereda rasa sakit. Contohnya, seperti pemberian obat pereda sakit sebelum kanker ditangani serta obat pereda mual ketika habis kemoterapi.

3.    Memeriksa Pemulihan Pasien

Selesai tindakan operasi dan kemoterapi yang berhasil, selanjutnya tugas dokter masih belum selesai. Sebagai pencegahan agar penyakit tidak kambuh kembali, dokter akan menyarankan untuk pasien melakukan kontrol rutin sampai batas waktu yang ditetapkan.

Pengontrolan ini berperan penting guna memantau seperti apa perkembangan hasil pengobatan pada tubuh pasien. Kontrol rutin juga merupakan sebuah upaya untuk menjawab pertanyaan apa itu pengobatan onkologi dengan tuntas kepada semua orang.

Pemeriksaan dini penyakit kanker sekarang sudah diberlakukan di negara maju maupun negara berkembang. Majunya ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi kunci inovasi medis semakin pesat, termasuk dalam hal penanganan penyakit yang belum ada obatnya.

Baik gejala stadium awal maupun akhir, keduanya membutuhkan penanganan tepat. Tindakan ini berperan penting untuk memastikan menurunnya jumlah pasien akibat penyakit kanker ini.

Bahaya kanker bisa mengincar siapa saja, mulai dari anak-anak sampai dengan para lansia. Apalagi jika sebelumnya memiliki riwayat keluarga terkena kanker. Memahami apa itu onkologi dapat menjadi edukasi akurat ketika ada keluarga atau teman terkena kanker.

Baca Juga: Pelajari Cara Kerja Kemoterapi RSM Oncology

RSM Oncology RSU Bunda Jakarta adalah salah satu upaya BMHS dalam meningkatkan kesehatan Indonesia dari aspek kanker. Reservasikan kunjungan Anda untuk pemeriksaan atau penanganan menyeluruh, atau ketahui jadwal dokter pilihan Anda untuk konsultasi awal. Ada juga laman informasi di mana Anda dapat menemukan tawaran layanan kesehatan lainnya.

Bagikan Artikel Ini: