RS Bunda Group

RS Bunda Group

Berita & Artikel

Robotic Surgery

robotic-surgery-rs-bunda-group


Robotic Surgery adalah bentuk dari pengembangan teknologi kedokteran yang menggunakan sistem robot untuk membantu prosedur pembedahan. Prosedur juga menggunakan sistem komputer untuk mengontrol lengan robot dan ujung-efektor selama operasi, dan dapat juga menggunakan telemanipulators untuk inputnya.

Baca Juga: Mengenal Robotic Surgery, Operasi Berbasis Teknologi di RSU Bunda Jakarta

Operasi ini menggunakan instrumen dari baja untuk meregangkan iga. Gerakan umpan balik yang terkendali dari robot lebih stabil dari memakai tangan manusia karena sistem ini tidak mengambil keputusan sendiri dalam pembedahan, melainkan dokter atau ahli masih berperan dalam tindakan operasi ini.

Tujuan utama dari instrumen hebat tersebut adalah untuk mengurangi atau menghilangkan trauma jaringan dari operasi terbuka. Ahli bedah dapat menguasai keterampilan hanya dengan melakukan pelatihan selama beberapa menit saja.

Di Asia Tenggara Singapore yang mempunyai mesin ini pertama kali. Untuk Indonesia, RSU Bunda Jakarta adalah yang pertama.

Keuntungan utama dari robotic surgery adalah:

  • Beberapa keuntungan utama dari operasi robot adalah lebih presisi
  • Sayatan yang lebih kecil
  • Mengurangi kehilangan darah
  • Waktu penyembuhan lebih cepat, mempersingkat lama rawat paska operasi
  • Angka kesakitan lebih rendah
  • Kepuasan terhadap hasil operasi lebih tinggi

Keuntungan lainnya adalah perbesaran tiga dimensi dan lebih ergonomis. Penggunaan robot juga meminimalisasi gangguan pembedahan akibat getaran tangan dokter saat membedah atau menjahit untuk menutup luka.

Penyakit yang Ditangani

Robotic Surgery telah memberikan banyak manfaat untuk berbagai cabang ilmu seperti Kebidanan, Onkologi, Urologi, Bedah Thorax, dan Bedah Orthopedi. RSU Bunda Jakarta sendiri menggunakan Robotic Surgery untuk menangani:

  • Myoma Uteri
  • Kista Ovarium
  • Hysterektomi (angkat rahim)
  • Kanker Prostat
  • Kanker Usus

Baca Juga: Pertama di Indonesia, Operasi Prostat dengan Teknologi Robotik di RSU Bunda Jakarta

500 lebih tindakan Bedah Robotik berhasil RSU Bunda Jakarta Tuntaskan

Rumah Sakit Bunda adalah pelopor yang mengimplementasikan teknologi Bedah Robotik (Robotic Surgery) di Indonesia sejak awal tahun 2012 lalu. RS Bunda terbukti telah sukses menangani lebih dari  500 proses Bedah Robotik. Beberapa disiplin ilmu yang telah memanfaatkan teknologi ini adalah kandungan, tumor jinak, kanker rahim, bedah urologi, bedah digestif dan bedah prostat.

Robotic Surgery juga merupakan solusi untuk pasien dengan gangguan prostat yang menginginkan tindakan invasif minimal dengan masa penyembuhan yang lebih singkat. Pada Desember 2021, dr. Agus Rizal beserta team kembali berhasil melakukan operasi robotic radical prostatectomy, yakni operasi pengangkatan prostat dengan teknologi robotik di RSU Bunda Jakarta.

Kepala RSU Bunda Jakarta, dr. Amir Hamigu, MM, MARS menambahkan, RSU Bunda Jakarta secara proaktif terus meningkatkan kualitas dokter dan pelayanan yang ada. Hal ini juga ditujukan agar teknologi robotic dapat diaplikasikan ke bidang-bidang spesialiasi yang lebih luas, termasuk bedah obgyn, bedah urologi, bedah umum tiroid hingga bedah digestif.

Inovasi Metode Operasi

Untuk mengedepankan pelayanan kesehatan dan kedokteran, RSU Bunda Jakarta telah menjadi rumah sakit yang mengakomodir terjadinya pergeseran era digitalisasi saat ini dengan menjadi yang pertama memperkenalkan teknologi Bedah Robotik kepada masyarakat modern Indonesia.

Perkembangan dunia pembedahan (minimal invasive) telah bertumbuh pesat seiring dengan meningkatnya kemajuan teknologi secara umum. Sistem komputerisasi dan teknologi medis yang canggih telah membantu para dokter untuk memberikan pengobatan yang semaksimal mungkin kepada pasiennya. Pembedahan konvensional memberikan hasil dengan luka operasi yang besar, risiko operasi yang tinggi, dan masa pemulihan yang lama.

Selain itu, proses pembedahan yang rumit terkadang tidak dapat berjalan secara sempurna karena keterbatasan dan sudut gerak alat yang umumnya hanya mempunyai gerakan 2 arah. Keterbatasan ini yang menyebabkan pembedahan menjadi kurang optimal dan manipulasi gerak akan meningkatan rasa nyeri dan tingkat perdarahan yang lebih tinggi.

Untuk menangani masalah ini, teknologi robotik untuk pembedahan pun mulai dikembangkan sebagai perpanjangan tangan dokter dalam operasi.

Prosedur Operasi

Pembedahan dengan teknologi robotik dilakukan dengan kontrol dan artikulasi tangan dan jari dokter. Tangan-tangan robot akan dengan leluasa bergerak seperti layakanya tangan dokter berada di dalam rongga operasi seperti rongga abdomen. Dengan teknologi 3 dimensi, visualisasi ahli bedah akan terasa seperti layaknya sedang melakukan operasi langsung dengan tangan dan jarinya sendiri.

Tingkat presisi yang tinggi memberikan informasi yang detail tentang patologi jaringan operasi selama pembedahan. Tindakan pembedahan akan lebih tepat dan perdarahan pun akan sangat sedikit.

Pemulihan cenderung berlangsung sangat cepat sedikitnya manuver dokter terhadap jaringan sekitar dan sedikitnya perdarahan. Ekstensi mesin robot membantu dokter dalam menentukan jaringan sakit dan jaringan sehat yang sering menjadi tantangan dalam pembedahan konvensional dan pembedahan MIS ( minimally invasive surgery).

Beberapa pasien pertama yang telah melalui Robotik Surgery ini mendapatkan hasil yang sangat baik. Dengan kemajuan teknologi kedokteran ini, diharapkan masyarakat Indonesia akan lebih memilih pelayanan medis yang berada di dalam negeri.

Baca Juga: Operasi Robotic Prostatectomy Pertama di Indonesia, Ada di RSU Bunda Jakarta

Berdasarkan pengalaman, aplikasi bedah robotik RSU Bunda Group terbukti efektif, efisien dan menguntungkan bagi pasien karena dapat mengurangi besar luka, ketepatan dan akurasi dalam operasi yang lebih tinggi yang akhirnya memberikan hasil operasi yang optimal. Ketahui jadwal dokter di unit-unit RS Bunda Group sekitar Anda dan reservasi kunjungan Anda di sini. Kunjungi juga laman informasi kami untuk menemukan layanan-layanan kesehatan lainnya.

Bagikan Artikel Ini: