RS Bunda Group

Berita & Artikel

Waspada! Kenali 13 Gejala Serangan Jantung Sebelum Terlambat

  • Beranda
  • Waspada! Kenali 13 Gejala Serangan Jantung Sebelum Terlambat
Waspada! Kenali 13 Gejala Serangan Jantung Sebelum Terlambat

Gejala serangan jantung sangat penting diketahui oleh semua orang. Menurut ilmu kedokteran, penyakit ini dinamakan sindrom koroner akut di mana otot jantung sulit menerima aliran darah dan mengganggu fungsi jantung. Kondisi ini dinamakan infark miokard dan berpotensi menyebabkan kematian. Berikut adalah beberapa gejala yang dapat Anda waspadai:

Baca Juga: Cek Kesehatan Jantung dengan CT Calcium Score di Bunda Heart Center

1. Dada Menjadi Terasa Tidak Nyaman

Ciri pertama dan paling umum adalah ketidaknyamanan pada bagian sekitar dada. Biasanya penderita akan merasakan seperti dicubit, ditekan, atau terasa panas. Gejala ini munculnya tiba-tiba, baik saat beraktivitas berat atau saat sedang bersantai. Saat terasa kurang nyaman cobalah tekan pada sumber sakit. Bila setelahnya sembuh kemungkinan bukan penyakit jantung.

2. Nyeri Dada Menjalar Hingga Lengan

Gejala serangan jantung berikutnya adalah rasa nyeri yang berpindah dari dada ke bagian lengan, bahu, sampai ke perut. Umumnya kesakitan tersebut dirasakan kurang lebih selama 20 menit. Anda dapat mencoba meredakan rasa sakit dengan beristirahat, minum obat, dan tenangkan diri Anda. Jika nyeri tetap berlanjut, segera bawa ke rumah sakit terdekat untuk penanganan lebih lanjut.

3. Sakit di Dada Menjalar ke Bagian Atas Tubuh

Gejala serangan jantung juga dapat ditandai dari rasa sakit pada bagian dada ke atas terutama pada tenggorokan atau rahang. Beberapa orang mengira gejala ini mungkin hanya penyakit flu atau sinus, namun jika rasa sakit berawal dari dada dan menyebar ke bagian atas, Anda perlu waspada karena penjalaran rasa sakit tersebut berpotensi merupakan serangan jantung yang sedang terjadi. Segera bawa ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan intensif lebih lanjut. 

4. Detak Jantung Tidak Teratur & Berdebar

Gejala Serangan Jantung berikutnya adalah tidak teraturnya irama jantung. Kadang cepat, tetapi sering juga melambat tanpa aktivitas yang dapat menyebabkan perubahan irama tersebut. Bila perlu gunakan alat pengukur detak jantung untuk mengetahui kecepatan detak jantung per detiknya.

Baca Juga: Tes Kesehatan Jantung Anda dengan Teliti di Bunda Heart Center

5. Perut Terasa Sakit & Gangguan Pencernaan

Kondisi ini sangat mirip dengan gangguan pencernaan yang memiliki gejala rasa panas di area perut dan dada. Saat rasa panas mulai menyebar ke dada, Anda perlu segera menghubungi rumah sakit atau layanan medis terdekat untuk tindakan lebih lanjut dan tetap tenang.

6. Kepala Pusing

Gejala serangan jantung selanjutnya adalah kepala pusing dan tubuh menjadi lemas. Hal ini disebabkan oleh jantung yang kesulitan dalam memompa darah sehingga peredaran darah menuju ke bagian kepala terhambat. Jika kepala pusing disertai dengan rasa tidak nyaman pada dada, tindakan pertama yang dapat Anda lakukan adalah beristirahat sebentar, minum obat, dan tenangkan diri. 

7. Mudah Lelah

Jika Anda mudah lelah walau tidak melakukan pekerjaan berat, bisa jadi hal ini disebabkan oleh jantung Anda yang sulit memompa aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh, sehingga juga rentan terhadap serangan jantung.

8. Tidur Mendengkur

Mendengkur saat tidur merupakan salah  satu gejala serangan jantung. Kondisi mendengkur sendiri sebenarnya merupakan salah satu kondisi normal tubuh, namun jika dengkuran selalu semakin lantang, terutama pada malam hari, dan terus berlanjut hingga terengah-engah sampai tersedak, bisa jadi hal ini merupakan gejala serangan

jantung.

9. Keringat Dingin

Keringat dingin dapat terjadi karena banyak hal, namun jika keringat dingin Anda disertai dengan rasa ketidaknyamanan di dada atau pada bagian leher, Anda perlu segera mengevaluasikan kesehatan Anda pada layanan medis terdekat.

10. Batuk dalam Jangka Waktu yang Lama

Sama seperti dengkuran dan keringat dingin, batuk juga dapat disebabkan oleh penyakit lain selain serangan jantung. Namun jika batuk berlangsung hingga 3-4 bulan, dan disertai lendir putih, kondisi ini termasuk sebagai gejala serangan jantung. 

Keadaan tersebut disebabkan oleh jantung kesulitan dalam memompa darah sehingga menimbulkan rembesan pada paru-paru dan menimbulkan batuk jangka lama dan sulit disembuhkan.

11. Kaki Bengkak

Kaki akan mengalami pembengkakkan saat menderita serangan jantung  karena jantung sulit memompa aliran darah dan justru kembali lagi ke dalam pembuluh. Keadaan itu menghambat kinerja ginjal sehingga kesulitan mengeluarkan air serta natrium dalam tubuh. dan terjadilah penumpukan cairan pada kaki bawah.

Baca Juga: Serangan Jantung Disebabkan oleh 10 Hal Tak Terduga: Gejala dan Faktor

12. Tersedak

Tersedak dapat dikategorikan sebagai gejala serangan jantung jika disertai rasa nyeri atau kurang nyaman di dada sampai leher. 

13. Tidak Enak Badan

Kondisi ini umumnya disebabkan oleh rasa mual dalam tubuh tanpa sebab yang jelas.

Baca Juga: Layanan Medical Check-Up RSU Bunda Padang untuk Kesehatan Anda

Gejala serangan jantung dapat muncul dalam berbagai keluhan penyakit yang umumnya ringan dan dapat dengan mudah terabaikan secara umum. Jika Anda telah mengalami gejala awal, segera periksakan ke unit medis dengann spesialisasi jantung seperti Bunda Heart Center di RSU Bunda Jakarta. Ketahui jadwal dokter di unit-unit RS Bunda Group sekitar Anda dan reservasi kunjungan Anda di sini. Kunjungi juga laman informasi kami untuk mengetuhi layanan-layanan kesehatan lainnya.

Bagikan Artikel Ini: